Rudy Gunawan, Intruksikan Seluruh Camat Agar Segera Mengambil Langkah Konkrit Terkait Kasus Covid-19

215

Koran-Fakta.Com (KF).- Meningkatnya terus Orang Dalam Pemantauan ( ODP ) di kabupaten Garut sangat mengkhawatirkan Bupati Garut H Rudy Gunawan, untuk Bupati mengintruksikan kepada para camat untuk secara estafet segera melakukan langkah-langkah kongkrit dalam pencegahan penyebaran Covid- 19 di kabupaten Garut.

“Saya instruksikan para camat secara estafet untuk segera mengambil langkah kongkrit dalam upaya pencegahan penyebaran Covid – 19,” Katanya

Lanjut Bupati Garut, langkah kongkrit yang harus dilakukan oleh camat berupa mengintruksikan kepada para kepala desa untuk mendata warganya yang baru tiba di kabupaten Garut.

“Kepala desa di minta untuk mendata para warganya yang baru pulang dari daerah yang sudah menjadi Zona merah seperti Jabodetabek, Bandung dan mana saja, segera di data oleh RW nya dan dilakukan proses pemantauan,” jelas Bupati Rudy

Sambung Rudy, warga yang bersangkutan memiliki gejala kesehatannya terganggu segera oleh pengurus desa di bawa ke Puskesmas untuk melakukan pengecekan medis.

“Nanti Puskesmas akan memeriksa kesehatannya dan akan dilaporkan ke Krisis Center yang ada di kabupaten Garut”, ujarnya.

Disampaikan Bupati, Orang dalam pemantauan saat ini sudah mencapai 500 orang lebih, ini sangat berbahaya.

“Kita lakukan ini untuk mempertahankan kabupaten Garut tetap dalam kondisi negatif virus Corona ini, kita sudah terkepung oleh daerah – daerah yang sudah terpapar virus Corona,  untuk itu respon para camat dan kepala desa dalam memberikan informasi terkait warganya sangat diperlukan, agar proses penanganan kesehatan warganya  secepatnya di tangani oleh tim medis kabupaten Garut, saya mohon perhatian kepada para camat ini sangat serius, ini adalah masalah kemanusiaan dan tanggungjawab kita bersama,” Paparnya

Sementara itu dari Juru bicara Informasi dan Kordinasi Covid – 19 Ricky R Darajat, ada penambahan jumlah kasus Covid – 19  hari ini sebanyak 544 kasus, terdiri dari 14 kasus PDP dan 530 ODP. Meski hingga hari ini untuk kasus positif Virus Corona masih Nol.

“Hal lain ada perubahan status PDP menjadi ODP sebanyak 3 orang,” ucapnya


Masih kata Ricky, dengan demikian PDP berkurang jumlahnya menjadi 12 kasus dan yang  masih dirawat isolasi sebanyak 6 orang. karena adanya pasien PDP yang baru masuk 2 orang balita, untuk ODP sendiri ada 28 ODP yang telah dinyatakan selesai masa pemantauan” terangnya.


Informasi terakhir lanjutnya, sebagai tindaklanjut intruksi Gubernur Jawa Barat dan Bupati Garut, kita sudah mendapatkan bahan reagen Rapid Diagnosis Test (RDT) sebanyak 231 buah yang peruntukannya diprioritaskan pada pasien ODP dan PDP.

“Mudah-mudah dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan secara masif di puskesmas sesuai kewilayahan dimana domisili ODP tersebut tinggal,” harapnya (DS)

Editor : Indra R

BAGIKAN