RZ dan Lazis PT. PLN (Persero) Pusharlis Gelar Trauma Healing

237

KF,- Sebagai upaya memulihkan trauma bagi korban terdampak bencana banjir bandang yang melanda kab Garut (20/09). Relawan Rumah Zakat( RZ ) dan Lazis PLN Bandung Pusat Pemeliharan Listrik (Pusharlis), menggelar Trauma Healing dengan mengajak 100 anak-anak bermain bersama di pemandian Sabda Alam cipanas dan RM racik Desa  Kab Garut, sekaligus penyaluran 100 paket  dan uang. Acara kegiataan tersebut dilepas langsung Wakil Bupati Garut dr.Helmi Budiman, dilapang Setda Garut, Kamis(17/11/2016).

Ket poto:simbolis memberikan bingkisan kepada peserta trauma healing
Ket poto:simbolis memberikan bingkisan kepada peserta trauma healing
Wabup menuturkan Pemerintah Daerah mempunyai dua program yaitu program Fisik dan program  Non fisik, selain itu menghimbau kepada seluruh lembaga  yang berkontribusi dalam Trauma Healing agar berkordinasi  dengan Dianas Sosial (Dinsos) Kab Garut.

 “Jadi kita ada dua kegiatan diantaranya Fisik dan Non Fisik . kegiatan Fisik diantaranya Rehabilitasi dan Rekontruksi , yang tidak kalah penting adalah non fisik seperti  fsikologis mengangkat trauma , atau trauma haeling.  Pemda  mewajibkan seluruh yang terkontribusi terhadap trauma healing ini  harus terkordinir di dinas sosial, agar bisa dikordinasikan.  Yang kami khawatirkan, kegiatan tersebut  tidak merata . jika terkordinir dinsos ,  kami yakin ditempat- tempat  penampungan tersebut akan lebih  hidup,”ungkap Helmi .

Ditempat berbeda, Mulyana Yusuf selaku wakil dari Rumah Zakat mengatakan kegiatan tersebut intinya refhreshing untuk beberapa anak yang terdampak banjir. “Acara ini intinya untuk memberikan trauma healing dan penyegaran setelah luput dari duka karena bencana yang terjadi.” ucapnya. “Program ini direalisasikan RZ dan disponsori teman-teman Lazis PT. PLN (Persero) Jawa Barat. Adapun penerima manfaat berjumlah 100 anak yang diambil dari beberapa wilayah terdampak bencana banjir kota Garut. Selain memberikan hiburan, kami juga memberikan bingkisan paket sarana sekolah untuk membantu anak-anak tersebut menghadapi kenaikan kelas. Kegiatan ini akan terus berlanjut dan merupakan program nasional RZ. Kami targetkan 10.000 penerima manfaat dan kebetulan untuk Garut, kami khususkan bagi masyarakat yang terdampak banjir. ” jelasnya.

Rizky Febriyanti, Bagian Keuangan Organisasi Pusharlis PLN, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah perdana. “Pusharlis adalah Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shodaqoh yang didirikan oleh PT. PLN. Kegiatan tahunan kami biasanya seperti sunatan massal dan pemberian beasiswa. Kebetulan di Garut ini adalah perdana bagi kami melaksanakan kegiatan trauma healing pasca bencana. Harapan kami, anak-anak dapat kembali ceria dan tidak mengingat kejadian bencana berlarutan, mereka bisa kembali bersemangat dalam menjalankan hari-harinya.” Pungkas Rizky kepada wartawan ( J wan/Dra R ).

Kegiatan di Sabda Alam Garut
Kegiatan di Sabda Alam Garut

BAGIKAN