Samsat Kab Garut: Bebaskan Biaya BBN dan Denda PKB

591

KF,- Untuk pemohon wajib pajak yang ada di Kab Garut bisa merasa lega karena biaya Mutasi kendaraan bermotor, Balik Nama dan sanksi administratif denda pajak kendaraan Bermotor (PKB) untuk tiga bulan kedepan dibebaskan.

Saat ditemui Kepala Dispenda Kab Garut Erry mengungkapkan, untuk pembayaran BBNKB dan denda PKB kendaran bermotor dibebaskan.
“Pembebasan BBNKB dan pembebasan denda PKB, ini berlaku bagi Wajib Pajak yang melakukan pendaftaran dari tanggal 17 Oktober 2016 sampai dengan 24 Desember 2016,” ungkapnya.

Sambung Erry menjelaskan, Keputusan pembebasan BBNKB dan pembebasan PKB tersebut sudah tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat dengan Nomor 973/499-Dispenda/2016 tentang Pemberian Pembebasan pokok dan sanksi administratif berupa denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) serta pembebasan sanksi administratif denda pajak kendaraan Bermotor (PKB).

SK Gubernur JawaBarat Nomer 973/499-Dispenda/2016
SK Gubernur JawaBarat Nomer 973/499-Dispenda/2016
Ia menuturkan, balik nama kendaraan merupakan salah satu pendapatan daerah dan untuk membantu masyarakat biaya tersebut dihilangkan.Menurutnya, program ini diberikan kepada seluruh wajib pajak yang melakukan pembayaran pajak tahunan, terkecuali untuk kendaraan baru.

Lebih lanjut Erry mengatakan, “untuk pembebasan biaya itu bukan berarti Nol rupiah akan tetapi wajib pajak harus ada pembayaran seperti biaya pembikinan Plat Nomor Kendaran Bermotor (PNKB),BPKB dan Asuransi Jasa Raharja. Untuk proses BBNKB pemohon harus menyerahkan Ktp, Skpd terakhir, kwitansi pembelian, STNK asli, BPKB asli serta bukti hasil pemeriksaan fisik kendaran dan bagi pemohon yang melalui orang lain harus melampirkan suratkuasa,” pungkasnya.(J Gunawan)

BAGIKAN