Satukan Keberagaaman di Tubuh KNPI Untuk Membangun Negeri.

113
Ket foto : Ketua DPD Mapancas Kabupaten Garut, Susanto (foto istimewa KNPI)

GARUT, (KF).- Heterogenitas Indonesia menjadi gambaran yang harus dicerminkan setiap wadah perkumpulan yang mengatasnamakan bangsa ini. KNPI sebagai wadah pemuda juga tentu mesti menjadi perwujudan dari keberagaman tersebut dan menjadikannya kekuatan persatuan.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPD Mapancas Kabupaten Garut, Susanto, Selasa (7/1/2019) di Kantor DPD KNPI Garut. Menurut dia, KNPI harus mampu memposisikan keberagaman tersebut menjadi satu potensi untuk diekplorasi.

“Mempotensikan sebagai kekuatan besar, hanya bisa tejadi apabila ada ruang yang adil untuk semua kelompok, untuk ikut memberikan sumbangsih nyata bagi kelompok heterogen tersebut, atau singkatnya dengan kolaborasi,” ujar dia.

KNPI harus mampu memposisikan keberagaman tersebut menjadi satu potensi untuk diekplorasi. lanjut
Susanto yang juga Wakil Ketua DPD KNPI Garut mengatakan, kehendak untuk turut menjaga keberagaman dalam ikatan kesatuan perlu ditenun dengan kolaborasi karya, kolaborasi gagasan, kolaborasi ide dan perspektif.

“Dengan meramu semua potensi perbedaan menjadi satu hidangan karya bersama, suatu persatuan hakiki maka akan terwujud,” katanya.

KNPI sebagai kendaraan pemuda Indonesia harus mengadopsi secara kontektual bentuk kolaborasi itu sebagai haluan ke depan, karena dengan kolaborasi pemuda Indonesia akan selalu menghasilkan kreasi.

Menurut Susanto, realitas kebangsaan saat ini yang menjurus kepada ancaman terhadap tenun kebangsaan, juga harus menjadi konsentrasi dari KNPI.

“Jurang perbedaan yang semakin menganga harus secepatnya dijembatani oleh pemuda Indonesia sebagai aset masa depan bangsa,” ungkapnya.

Ancaman ini harus mampu dikonversi menjadi tantangan KNPI sebagai alat pemuda untuk terus menyuarakan persatuan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan terus mendorong pemuda berinovasi dalam kreasi.

“Hal ini juga akan menjawab tantangan kemajuan global yamg semakin cepat untuk keperluan internal KNPI, demi mempertahankan eksistensinya sebagai wadah bersatunya pemuda Indonesia,” tandasnya.

Wartawan : Heri F.

Editor : Indra R

BAGIKAN