Sebanyak 46.435 Siswa SD/ MI Akan Mengikuti USBN

92

GARUT, (KF).- Mulai tanggal 3 sampai 5 Mei 2018, selama tiga hari pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2017/2018 di Kab. Garut secara serentak akan dilaksanakan.

sebanyak 46.435 siswa dari 1.487 SD Negeri dan 67 SD Swasta akan mengikuti USBN tersebut, dan jumlah itu tersebar di 42 UPT Pendidikan di Kab. Garut. Ada tiga mata pelajaran masuk pada USBN tahun 2018 ini di antaranya Bahasa Indonesia, Matematika, IPA. “Kata H. Ade Manadin, Kabid SD Disdik Kab. Garut. Saat ditemui diruang kerjanya.

Lanjut Ade, untuk Ujian Sekolah (US) akan dilaksanakan Jumat, Sabtu (11-12/5), dan Kamis-Jumat (17-18/5) Mendatang. Dan untuk mata pelajarannya antara lain Pendidikan Agama Islam (PAI), PKN, IPS, Seni Budaya, Penjaskes, dan Muatan Lokal.

Ya tentunya kisi-kisi USBN ditentukan oleh pusat yakni dari Kementrian Pendidikan. Sedangkan US kisi-kisinya dibuatkan dari Satuan pendidikan artinya bukan dari pusat. Kami menjamin tidak akan ada lagi Soal pertanyaan yang nyeleneh atau dapat menyinggung pihak lain.” Ujar Ade Manadin

Dia menuturkan, USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian capaian kompetensi peserta didik untuk semua muatan atau mata pelajaran. Hal ini sebagai pengakuan prestasi belajar dan atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.

Yang Tentunya diselenggarakan oleh satuan pendidikan jenjang SD, hal ini didasarkan pada kebijakan pemerintah melalui aturan yang ditetapkan dasar hukumnya,“tegasnya.

Ade menuturkan, pelaksanaan USBN dan US di Kab. Garut diawas oleh tenaga pendidik sebanyak 6.110 orang yang akan mengawasi sebanyak 3.055 ruangan dengan rasio 1 ruangan terdiri 2 orang pengawas ruangan.

Ia menambahkan, Sedangkan bagi siswa yang berhalangan melaksanakan USBN serentak dapat mengikuti USBN susulan pada Senin sampai Rabu (7-8-9/5/2018),” paparnya.

Penulis : J Gunawan

Editor. : Van’s