Sebuah Benda Yang Diduga Mortir Aktif Ditemukan Dilokasi Pembuatan Saluran Air PT.KAI

124
Ket Foto : Beberapa anggota Kodim 0611/Garut langsung mengamankan temuan sebuah mortir peluru yang sudah usang ke tempat yang lebih aman. (Foto istimewa)

Koran-Fakta.Com (KF).- Sebuah Benda yang diduga sebuah mortir yang masih aktif ditemukan oleh dua pekerja kuli PT. Kereta Api Indonesia (KAI) di lokasi Pembuatan Saluran Air PT.KAI di wilayah Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (5/02/2020).

Penemuan mortir sempat menggegerkan warga sekitar lokasi proyek, berawal saat dua pekerja PT. KAI sedang menggali tanah pembuatan saluran irigasi yang berlokasi dekat perkampungan warga yang terkena proyek reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut.

Menurut pengakuan Tarji (58) warga Kp. Cabok Kidul RT 02/05 Desa Haurpanggung Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung sebagai kuli bangunan dari PT.KAI, dirinya tengah menggali tanah untuk membuat saluran irigasi saluran air PT KAI, di wilayah RT 05/04 Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota.

“Saat menggali mengunakan Balincong (alat gali) tiba-tiba saat diangkat ada yang nyangkut gulungan sampah yang di dalamnya terdapat benda yang mirip sebuah mortir peluru yang sudah usang,” katanya.

Kemudian benda yang ditemukan mirip mortir peluru itu diperlihatkan kepada rekan lainnya yang tengah melakukan pekerjaan menggali tanah. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, Tarji langsung melaporkan temuan itu kepada mandor. Dan langsung melaporkan kepada pihak aparat kelurahan termasuk anggota provost dari Kodim 0611/Garut yang kebetulan dekat lokasi penemuan.

Kemudian Beberapa anggota Kodim 0611/Garut langsung mengamankan temuan sebuah mortir peluru yang sudah usang ke tempat yang lebih aman di Makodim jalan Veteran Garut.

Rilis : MC Kodim 0611/Garut

Editor : Indra R

BAGIKAN