Sedimentasi Aliran Sungai Cimaragas, Mengakibatkan Penumpukan Sampah dan Tersendatnya Aliran Sungai

132
Ket Foto : Lokasi Irigasi Cimaragas Blok cipeujeuh, yang berada di Kp. Dayeuhandap, kelurahan kota kulon, kecamatan Garut kota. (Foto oleh : Indra R).

Koran-Fakta.com (KF).- Terjadinya sedimentasi pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimaragas – blok irigasi Cipeujeuh. Mengakibatkan terjadinya penumpukan sampah serta tersendatnya aliran Air sungai Cimaragas, Kp. Dayeuhandap, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota.

Mengendapnya material organik di dasar perairan karena terbawa air menjadikan arus Air tidak berjalan normal, hal itu menjadi salah satu faktor keluhan warga masyarakat diwilayah tersebut.

Seperti halnya yang disampaikan Ujun, salah seorang warga sekitar yang rumahnya berada di pinggiran sungai Cimaragas mengatakan, sudah hampir satu Minggu ini aliran air sungai Cimaragas tidak mengalir normal seperti biasa. Sehingga terjadi penumpukan sampah dan kotoran manusia yang mengganggu aktivitas dirinya dan warga sekitar.

“hal ini terjadi karena air dari irigasi Cimaragas tidak mengalir karena tanggul yang dibuat warga dengan menggunakan karung bekas jebol, sehingga air mengalir nya ke sungai Cipeujeuh. Tidak terbagi dua ke sungai Cimaragas,” kata ia

Menanggapi hal itu, Kasi konservasi pengendalian Banjir, Benny Nugraha. didampingi Edi Nugroho Kepala Bidang Insfrastruktur pada Dinas PUPR Kab.Garut langsung singap meninjau lokasi yang menjadi keluhan warga tersebut.

“hal ini tentunya akan kami tindak lanjuti, dan kita akan lihat peta awal seperti apa, apakah harus dikembalikan seperti semula atau membuat boronjong agar air bisa kembali normal, yang pasti kita akan Koordinasi terlebih dahulu dengan bidang irigasi,” kata ia saat meninjau lokasi irigasi Cimaragas Blok cipeujeuh. Kamis (02 Januari 2020) Sore.

Lanjut ia, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah (PUPR-red) dan Warga dalam menanggulangi permasalahan seperti saat ini.

“kita juga berharap masyarakat sadar pentingnya menjaga lingkungan, terutama dalam permasalahan sampah yang setiap kali menjadi permasalahan krusial, terutama di saluran air atau sungai yang dapat menyebabkan terjadinya banjir ataupun tersumbatnya aliran air dilokasi ini,” harapnya. (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN