Sejumlah Travel Agen Ticket Pesawat di Tasikmalaya Menjerit !!

110
Ket foto: Oman Rochman Manager Planet Travel yang berlokasi di Jl.Dr.Sukarjo No.117 Simpang Lima Kota Tasikmalaya, saat di temui koran-fakta.com (foto oleh : Tono Efendi)

KOTA TASIKMALAYA, (KF).- Sejumlah agen tiket pesawat online di Kota Tasikmalaya menjerit. Omset yang biasanya cukup besar perbulan dengan keuntungan rata rata Rp.9 juta hingga Rp.10 juta, kini dalam dua bulan terakhir (Januari-Februari 2019) turun drastis. Bahkan tidak sedikit agen tiket harus nombok pengeluaran.

“Biasanya kami bisa meraup keuntungan perbulan hingga Rp.9-10 juta, tapi sejak Januari hingga akhir Februari 2019 bukannya untung malah harus nombok Rp.45 ribu. Walau nomboknya dengan nilai kecil tapi ini cukup berdampak dengan usaha kami selanjutnya,” ujar Oman Rochman Manager Planet Travel yang berlokasi di Jl.Dr.Sukarjo No.117 Simpang Lima Kota Tasikmalaya, Jumat (1/3/2019) siang tadi kepada koran-fakta.com.

Menurut Oman, turunnya omzet secara drastis ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya harga tiket pesawat yang naik drastis mencapai 100% hingga 150%. Faktor lainnya akibat musibah kecelakaan pesawat Lion Air JE610 yang terjadi di Karawang beberapa bulan lalu, ternyata cukup membawa dampak terhadap anjloknya pemesanan dan penjualan tiket.

Oman mencotohkan, harga tiket penerbangan menuju Jakarta-Pontianak yang tadinya hanya Rp.500 ribu, kini menjadi Rp.1,2 hingga Rp.1,5 juta.

“Musibah jatuhnya pesawat Lion Air JE610 di Karawang cukup berpengaruh juga terhadap konsumen yang biasa memesan tiket, mereka sekarang lebih memilih menggunakan jalur darat seperti mobil, kereta api dan kapal laut. Dan kemungkinan konsumen ada kekhawatiran jika menggunakan pesawat takut jatuh seperti musibah di Karawang,” jelas Oman yang mengaku menekuni bisnis travel ini sejak belasan tahun lalu.

Bahkan dirinya merasa bertanya tanya, kenapa tiket pesawat ke luar negeri sekarang lebih murah ketimbang terbang didalam negeri. “Bandung – Singapura saja tiket nya hari ini hanya Rp.643.300 menggunakan pesawat Air Asia, sementara penerbangan didalam negeri bisa mencapai jutaan rupiah, ” keluh nya.

Namun pun demikian dirinya berharap, harga tiket pesawat yang kini terus merangkak naik, di bulan Maret mudah mudahan bisa normal kembali seperti semula.

“Para konsumen yang datang ke kantornya atau menghubungi via telepon, sekarang ini hanya sekedar bertanya harga tiket pesawat saja, jarang sekali dari mereka saat ini melakukan pemesanan maupun pembelian, mudah mudahan bulan Maret dan seterusnya harga tiket bisa kembali normal,” tambah Achmad asisten pribadinya Oman kepada wartawan. (Tono Efendi)

Editor : Indra Ramdani

BAGIKAN