Selain Memiliki Cerita Unik, Kampung Pasir Nyalindung Juga Memiliki Sumber Mata Air Yang Tak Pernah Kering.

96
Ket foto: Pjs.Desa Mekargalih Idad Badrudin didampingi Babinkamtibmas Desa Mekargalih saat melakukan pembenahan saluran mata air. (Foto oleh : Indra Ramdani)

GARUT, (KF).- Sebuah Kampung, Diwilayah Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong kidul, kabupaten Garut, Jawabarat. Rupanya memiliki cerita unik mengenai asal usul namanya.

Belum lama ini koran-fakta.com mengunjungi Kampung yang disebut Kapung Pasir Nyalindung, di RT 03/09 Desa Mekargalih dan menemukan fakta yang tak kalah menarik untuk disimak.

“Kampung Pasir Nyalindung di ambil dari bahasa Sunda (Nyalindung atau Nyumput). Jadi menurut sejarah orang tua disini dulu pada jaman gerombolan, masyarakat disini suka bersembunyi ke sebuah lubang besar yang dibuat masyarakat disini, manakala datang gerombolan,” ujar Lin Muslim (54 tahun) warga setempat.

Lanjut disampaikan, di wilayah tersebut pula ada mata air yang hampir ratusan tahun tidak pernah kering meski dimusim kemarau.

” Mata air pasir Nyalindung ini sudah ada sejak ratusan tahun, karna sebelum saya lahir menurut orang tua saya, mata air tersebut sudah ada,” katanya.

Lanjut disampaikan, keberadaan sumber mata air tersebut mampu mencukupi kebutuhan air bersih penduduk sekitar serta pembuangan aliran airnya juga dipergunakan untuk pengairan pertanian yang ada wilayah sekitar.

“Selain dipergunakan untuk MCK masyarakat disini, aliran airnya juga dipergunakan untuk pengairan pertanian yang ada wilayah sekitar,”ungkapnya.

Bahkan saat ini, mata air tersebut kini bakal semakin nyaman. Pasalnya pemerintah desa setempat melalui Pjs.Kepala Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong kidul. Idad Badrudin saat ditemui tengah membenahi saluran mata air tersebut.

“Kami sengaja membenahi sumber mata air ini karena mata air ini juga banyak sekali dipergunakan masyarakat khususnya diwilayah sekitar ini,” paparnya.

Bahkan dalam waktu dekat ini, kamipun merencanakan untuk merehab MCK untuk masyarakat disini. ” Insyaallah nanti kita akan melakukan peletakan batu pertama,” jelasnya. ( Indra Ramdani)

Editor : Yusuf Akbar

BAGIKAN