Selain Memperbaiki Drainase UPT PUPR Kecamatan Garut Kota Juga Lakukan Normalisasi.

77
Ket foto: Saat melakukan perbaikan drainase di perempatan jalan Ciledug-papandayan.

GARUT, (KF).- UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kecamatan Garut kota, rencananya kini tengah melakukan normalisasi dibeberapa titik sungai di wilayah kerja Kecamatan Garut kota.

Selain akan melakukan bersih-bersih dan rehabilitasi irigasi untuk menjaga kelancaran pengairan, dan menjaga terjadinya banjir.

Selain itu UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang juga kini tengah melakukan perbaikan drainase yang berada diwilayah jalan Papandayan-cileudug yang pada beberapa pekan terakhir sempat dikeluhkan warga serta pengguna jalan.

” Kita sedang lakukan perbaikan, dengan membongkar setengah badan jalan, dan memasang Box Culvert. Ya mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa diselesaikan. Sehingga tidak lagi terjadi banjir apabila curah hujan dengan intensitas tinggi,” ujar kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Edi Guntoro. Senin (5/3/2018) pagi.

Ket foto: Istimewa (foto oleh : Indra R)

Lanjut Edi mengungkapkan, pekerjaan perbaikan drainase yang dilakukan di perempatan jalan Ciledug-papandayan tersebut itu diluar program. “Ya kita lakukan mengingat banyaknya keluhan warga sehingga kita utamakan, meskipun diluar program dinas, dan memang sayapun menyadari hal itu tentunya tidak akan menyelesaikan dalam waktu jangka panjang, ya paling tidak satu atau dua tahun bisa ditangani,” ungkapnya.

Lebih jauh lagi dikatakan, selain perbaikan drainase pihaknyapun kini tengah melakukan normalisasi dibeberapa Sub DAS yakni sungai Cimaragas, Ciwalen, Cigulampeng, Cikeundi, hingga aliran sungai yang menuju sungai Cimanuk.

Edi pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan irigasi atau drainase sesuai dengan fungsinya sebagai aliran air.

“Saya harapkan juga masyarakat bisa sadar akan bahaya membuang sampah ke saluran air atau sungai, yang dampaknya berakibat Patal. Hingga terjadinya penyumbatan sehingga menyebabkan banjir. Jadi kita saling mengingatkan saja,” harapnya.

Penulis : Indra R

Editor : Van’s

BAGIKAN