Kadisnaker Kota Tasik : “Gaji Pekerja di Perusahaan Harus Sesuai UMK”

54

Kota Tasikmalaya, (KF)- Pada tahun 2018, setiap perusahaan di Kota Tasikmalaya wajib menerapkan Upah Minimum Kerja (UMK), untuk setiap karyawannya. Hal ini disesusikan dengan UMP Kota Tasikmalaya yang ditetapkan sebesar Rp 1.930.000,- per-bulan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dra.Hj.Nunung Kartini, M.Pd, meminta agar gaji pekerja diseluruh perusahaan harus sesuai UMK.

Besaran UMK Kota Tasik tahun 2018 sudah kami sosialisasikan ke para pelaku usaha, dan ini berlaku wajib bagi seluruh perusahaan,” katanya kepada Jurnalis koran-fakta.com  Kamis (5/4/2018) sore tadi di kantornya.

Lebih lanjut Nunung menjelaskan, jika perusahaan memberikan gajih sesuai UMK tentunya para pekerja pun akan semangat dalam melakukan aktivitasnya. Bahkan dampaknya pun akan berimbas kepada perusahaan dimana produktivitas akan semakin meningkat.

Namun demikian, Nunung pun berharap, selain UMK yang dicukupi, tentunya para pekerja juga oleh pihak perusahaan harus dilindungi dengan K3 nya (Kesehatan, Keselamatan Kerja).

Setelah UMK dipenuhi, masih ada hak pekerja yang harus diperhatikan, dimana pekerja harus dilindungi dengan  diikutsertakan kedalam BPJS Ketenagakerjaan, ucapnya.

Penulis : Tono Efendi.

Editor. : J Wan