Semua Sekolah Wajib Menambah Pendidikan Agama Selama Dua Jam

124

Foto oleh: Indra R Wakil Bupati Garut dr . Helmi Budiman
Foto oleh: Indra R
Wakil Bupati Garut dr .
Helmi Budiman
KF.-Menanamkan sejak dini prilaku ramah lingkungan, disekolah menjadi bagian penting yang harus digalakan. 

Dan berharap proses pendidikan di Kabupaten Garut dapat menitikberatkan pada proses pembinaan ahlaq atau yang disebut pendidikan karakter. Sebagai langkah nyata semua sekolah wajib menambah pendidikan agama selama dua jam. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman usai melantik Kepengurusan Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kab. Garut di Gedung Pendopo, Rabu (12/10/2016).

Tantangan pendidikan di Kabupaten Garut saat ini tidak ringan. Seperti menghasilkan SDM yang berkualitas. memiliki daya saing, dan berbudi pekerti yang luhur. Untuk itu dibutuhkan kerjasama di antara berbagai stakeholder yang ada, termasuk dengan Dinas pendidikan dan Kementrian agama. “Makanya kami banyak berharap Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia ini dapat mengoptimalkan kontribusinya dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Garut. Pengurus APSI Garut ini dilantik diharapkan pula dapat meningkatkan kualitas atau mutu Pendidikan dan dijadikan tugas utama.”Katanya.

Lanjut Helmi, Pengawas akan dilibatkan dalam penempatan dan pengangkatan kepala sekolah. Karena pengawas sekolah dinilai paling kompeten untuk memberikan penilaian terhadap kinerja kepala sekolah dan guru. “Saya juga berharap pengawas itu harus lebih tau dari kepala sekolah dan guru. Makanya wajar jika kompetensi pengawas harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua APSI Garut, Sony MS menegaskan, akan secepatnya melakukan koordinasi keorganisasian untuk membuat rencana program. Tentunya kinerja APSI akan disesuaikan dengan program kerja yang dibuat pengurus. Diakuinya,
selama ini kinerja pengawas sekolah masih kurang sinergi. Pasalnya, pengawas yang tergabung dalam APSI terdiri di dua institusi, yakni pengawas di Dinas Pendidikan dan pengawas di Kementrian Agama. “Adapun program terdekat yang akan dilakukan APSI ini adalah akan terus berusaha meningkatkan kompetensi para pengawas sekolah. Setelah dilantik, kami akan langsung kerja menjalankan program,” katanya. Menurut wartawan senior di Garut itu, agar kompetensinya baik tentunya pengawas harus disiapkan sejak yang bersangkutan ketika masih menjadi guru. Jenjang karier yang bersangkutan tentunya harus ditempuh agar kualitas pengawas semakin bagus. Acara pelantikan selain dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Para Kabid, dan Kasie dilingkungan Disdik juga sejumlah anggota DPRD Garut, dan unsur SKPD lainnya, Pungkasnya. (Indra R)

BAGIKAN