Situ Bagendit Masih Dominan Di Serbu Wisatawan Lokal

125

KF,- Saat libur panjang sekolah, Natal dan Tahun baru objek wisata alam Situ Bagendit ramai diserbu wisatawan lokal dan nampaknya masih belum sejalan dengan minat kedatangan wisatawan asing. Hal tersebut tidak dipungkiri Kasubag Tata Usaha UPTD Situ, Yendi, saat dikonfirmasi Koran-Fakta.com, Senin (26/12/2016).

Pada hari libur, rata-rata pengunjung ke Situ yang terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi itu mencapai 1000 orang, bahkan ketika libur natal ini peningkatan bisa mencapai 20 sampai 40 persen dari hari biasa. 

“Memang kalau wisatawan lokal selalu rame kesini, kalau wisatawan asing memang masih kurang, padahal sejarah dari Situ Bagendit ini sudah dikenal,” ujar Yendi.

Belum diketahui pasti apa yang menjadi sebab turis asing tersebut enggan ke Bagendit, namun Lanjut Yandi, ada kemungkinan letak geografis menjadi salah satu faktor sedikitnya turis asing ke Bagendit.

Hal senada diakui Jajang, salah seorang penyedia wahana mainan air di Situ Bagendit. Menurutnya, memang jarang terlihat turis asing yang berkunjung. Mayoritas pengunjung masih didominasi pengunjung dari lokal Garut.

“Memang kadang ada turis, tapi jarang-jarang. Banyaknya orang Garut, hari libur begini nih selalu rame, diperkirakan tahun baru nanti akan lebih rame biasanya,” pungkasnya.

Sari (34) pengunjung asal Kecamatan Garut Kota, mengatakan, potensi wisata di Situ Bagendit kaya akan pemandangan bentangan Situ, belum lagi pengunjung bisa mengitari danau sekaligus meninkmati pemandangan dengan menggunakan perahu atau rakit. 

“Tetapi nampaknya potensi itu belum termaksimalkan dengan beberapa hal, diantarnaya promosi pihak terkait wisata disini, fasilitas juga meski lebih baik dari tahun-tahun lalu namun tetap harus ada peningkatan seperti tempat melihat pemandangan, kalau sekarang kan kebanyakan pingiran itu sama rakit dan sosoangan, lebih bagusnya ada tempat cukup luas khusus pengunjung untuk menikmati pemandangan situ bangendit ini, itu mungkin,” ujarnya saat ditemui wartawan di obyek wisata situ bagendit.(J Wan)***

BAGIKAN