Situ Cibulakan Masih Menjadi Destinasi Wisata Tersembunyi.

510
Ket foto : Situ Cibulakan yang berada diwilayah Kecamatan Cisurupan kabupaten Garut. (Foto istimewa)

GARUT, (KF).- Situ Cibulakan atau disebut dengan sumur abadi yaitu salah satu destinasi wisata alam tersembunyi yang berada di Kabupaten Garut, Desa Pamulihan. Cibulakan berasal dari kata “Ci” yang artinya “Cai” dan “Bulak” berasal dari kata bahasa Sunda yaitu “Embulak” yang artinya air yang membulak atau memancar keluar dengan deras.

Oleh karena itu, air yang ada pada Situ Cibulakan ini tidak pernah surut meskipun musim kemarau sekali pun karena air ini bersumber dari bawah batu yang terletak dalam Situ Cibulakan ini.

Tempat wisata ini tentunya sangat cocok untuk dinikmati dari segi keindahan alamnya, pada tempat ini selain ada Situ terdapat juga pemandangan hijau yang amat menyejukan. Selain itu, mata air dari Situ Cibulakan dimanfaatkan oleh berbagai pihak dari mulai untuk mengiri sawah, hingga bisa mengairi 25 Desa di Garut.

Pengunjung yang datang tidak begitu ramai, terkecuali dihari libur dan pengunjung yang datang pun sebagian besar penduduk lokal karena belum banyak orang yang mengetahui keindahan yang menyajikan di Situ Cibulakan. karena letaknya yang jauh dari keramaian sehingga orang tidak mengetahuinya.

Jika pengunjung ingin datang ke Situ Cibulakan ini tidak dipungut biaya sepeserpun, karena Situ Cibulakan terbuka untuk siapa saja yang ingin berenang atau jika hanya ingin memandangi pemangdangan yang sangat indah disekitar Situ Cibulakan.

Pengunjung dengan sesuka hati jika ingin berlama-lama berenang, tetapi jika selesai berenang yang menjadi kendalanya adalah tidak tersedia tempat untuk berganti pakaian. Karena tidak ada pengelola dan lokasinya pun memang untuk umum, kebanyakan orang yang berenang di Situ adalah penduduk asli sehingga jika ingin berganti pakaian mereka langsung pulang dengan berbasah-basahan.

Ketika berenang pengunjung bisa mengabadikannya dengan berfoto dibawah air yang sangat jernih jika pengunjung menginginkannya.

Selain untuk berenang, masyarakat setempat sering memanfaatkannya untuk mencuci pakaian, jika mereka tidak memiliki persediaan air dirumahnya. Karena mata air ini mengalir meskipun sering digunakan masyarakat untuk keperluan mencuci pakaian dan airnya pun tidak pernah keruh. Jika keruh pun itu hanya sesaat saja, karena air itu akan mengalir dengan sendirinya.

Bahkan pengunjung atau masyarakat setempat bisa memancing ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil tersebut bisa dijadikan ikan hias atau menjadi santapan lauk. Atau jika ingin berpiknik dengan keluarga bisa dimanfaatkan dengan membakar-bakar ikan yang dibawa sendiri, tergantung bagaimana pengunjung ingin lakukan. Tetapi dikarenakan lokasinya yang sangat alami dimohon untuk saling menjaga kebersihan agar mata air Cibulakan tetap terjaga kebersihan dan keindahannya.

Tetapi, Situ Cibulakan ini terabaikan begitu saja karena tidak ada yang mengelolanya sehingga orang-orang pun kurang mengetahui dengan adanya Situ Cibulakan ini di Cisurupan, Desa Pamulihan. Padahal yang Situ ini sajikan adalah keindahan nya yang masih segar dan asri. (Rilis : Anisa nur fadila)

Editor : Indra R

BAGIKAN