STQ Ke VI Tingkat Kota Tasik di Kecamatan Bungursari Bakal Ada Arena Unik

115

KOTA TASIKMALAYA,(KF).-Kelurahan Sukamulya dan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari  ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke VI tingkat Kota Taikmalaya  Tahun 2018. STQ ini akan dilaksanakan mulai 5 – 7 September 2018.

“Pelaksanaan STQ Tingkat Kota Tasikmalata ini, berharap lebih semarak dan meriah dengan tahun sebelumnya”, ungkap Camat Bungursari Hildat Darojati AP kepada koran.fakta.com, Senin (3/9/2018) siang tadi di lokasi STQ dilapangan Aboh Sukamulya.

Untuk itu, Camat Hildat meminta panitia STQ melakukan persiapan dengan baik. “Kita targetkan pelaksanaan STQ kali ini supaya lebih meriah dan berjalan aman”, ucapnya yang ketika itu didampingi Epul Pigura salah satu tokoh Pemuda Cibunigeulis yang ikut serta membantu mempersiapkan pelaksanaan STQ di wilayah Kecamatan Bungursari.

Adapun Lokasi STQ Ke VI Tingkat Kota Tasikmalaya itu akan digelar di Lapangan Aboh, yang berada diwilayah Kelurahan Sukamulya, perbatasan dengan Kelurahan Sukajaya.

Lebih lanjut Hildat berharap, peserta putra putri dalam lomba STQ, akan bisa menghasilkan yang terbaik sehingga bisa mewakili Kota Tasikmalaya untuk lomba STQ tingkat provinsi Jawa Barat.

Hildat merasa bersyukur selaku ketua panitia STQ Tingkat Kota Tasikmalaya mengatakan, persiapan arena atau panggung utama pelaksanaan STQ di Lapangan Aboh (belakang Kantor Balekota Tasikmalaya) kecamatan Bungursari, persiapannya sudah 85℅.

“Persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat setempat. Dan pelaksanaan ini tentunya berada dibawah koordinasi panitia tingkat Kota Tasik, LPTQ, Unsur Muspika, para lurah serta elemen masyarakat,” imbuhnya.

Bahkan dia pun menambahkan, untuk antisipasi lahan parkir, mengingat jalur kendaraan ini sangat terbatas, pihak panitia menyediakan tempat lahan parkir disekitaran Aboh Kolam Renang dan samping Pabrik bihun. Dan kita  juga memberdayakan masyarakat untuk pengamanan dan pengaturan pada waktunya, terangnya.

Untuk titik lomba selain di lokasi utama juga berada diwilayah rancageneng Kelurahan Sukajaya.

Untuk tempat penginapan kapilah atau peserta STQ dari 10 Kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya, pihak panitia sudah mempersiapkan pemondokan di rumah warga sekitar dan kita juga sudah koordinasikan dengan pemilik rumah”, ucapnya.

Sementara itu, Epul Pigura selalu tokoh Pemuda yang turut serta membantu pelaksanaan dan kelancaran kegiatan STQ menuturkan,
untuk arena II, III dan IV itu juga sudah siap, dan lokasinya itu tidak jauh dari panggung utama.

Menurut Epul, dalam pelaksanan STQ para kafilah dan official perwakilan dari 10 Kecamatan dalam acara pembukaan akan mengikuti pawai ta’aruf. Bahkan para kapfilah,  undangan termasuk masyarakat, akan menyaksikan beberapa arena yang cukup unik. Diantaranya ada tempat Selfi, lorong bambu yang dihiasi oleh lampu cika cika serta Curug STQ.

“Insya Alloh beberapa arena ini akan menambah semarak dan ada daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang akan menyaksikan STQ Tingkat Kota Tasik di Kecamatan Bungursari ini,” pungkasnya.

Jurnalis : Tono Efendi

Editor. : J Wan