Syakur : Siap Maju Menjadi Ketua KONI Garut

82

Oleh: Joehendi

GARUT, (KF)- Berbicara tentang Olahraga diKabupaten Garut tidak bisa lepas dari sosok Rektor Universitas Garut (UNIGA ). Ia adalah Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, yang juga sebagai Sekretaris KONI Kabupaten Garut. merasa terpanggil jiwanya untuk mendedikasikan darma baktinya di sini, dirinya sebagai insan olahraga terus berusaha mewujudkan impian Koni Garut untuk menjadikan tahun 2018 sebagai tahun prestasi.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kab.Garut pernah menyesalkan sikap Pemkab Garut yang cenderung tidak mau tahu dan membiarkan Koni banting tulang dalam mengelola olahraga tanpa suport anggaran yang tidak maksimal.

Syakur bertekad ini harus segera diakhiri tidak dengan saling menyalahkan tapi dengan duduk bersama dan bermusyawarah.

Ketika Koran Fakta.com bertanya tentang kemungkinan dirinya maju pada pemilihan Ketua Koni Garut yang akan berlangsung tahun 2018 ini, Syakur menjawab bahwa dengan segenap kesiapan dirinya, siap maju.

“Ini adalah panggilan jiwa untuk tetap konsisten pada komitmen diri saya yang harus memajukan Olahraga di Kabupaten Garut ini, dan kebetulan Uniga sekarang ini sudah mempunyai Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dan untuk Kabupaten Garut ini banyak atlit berprestasi namun sayang jarang yang berhasil mewujudkan prestasinya, Ketika kita melakukan inventarisasi disaat atlit tersebut hendak dikembangkan untuk berprestasi ke tempat yang lebih tinggi terkendala dengan kemampuan pengetahuan dan teknologi, dengan sentuhan pengalaman dilapangan dan ilmu pengetahuan ini akan menjadi komposisi yang bagus, sehingga ada sinergi yang baik antara FPOK Uniga dengan Pelaku Olahraga”.tutut Syakur.

Ketika masalah pendanaan yang digelontorkan pada Koni dari Pemerintah Kabupaten Garut, Syakur menuturkan bahwa dana itu masih jauh dari harapan Koni

” Sebetulnya ada dana tiga persen dari seluruh totol APBD Garut untuk Olahraga ini, tapi peruntukannya bukan hanya untuk Koni tetapi untuk pemberdayaan Olahraga yang lainnya diambil dari situ, saya berharap Pemerintah tidak hanya terfokus pada pembangunan fisik dan sarana Olahraga saja tapi perhatian kepada pelaku Olahraga itu sendiri patut diperhatikan”. jelas Syakur.

Sebagai skala Prioritas pada Program Koni mendatang, Syakur berharap perhatian pada Cabang Olahraga (Cabor)

“Cabor adalah instrumen yang tidak bisa dilepaskan peranannya dalam pembentukan prestasi atlit, ini akan kita formulasikan seperti harapan Cabor ke depannya untuk lebih mendapatkan perhatian dan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Garut agar bisa memotivasi lagi Cabor untuk memainkan perannya di dunia olah raga Kabupaten Garut.” tandas Syakur mengakhiri wawancaranya.

Editor: Van’s