Tahun 2018 BAZNAS Garut, Bakal Gulirkan Bantuan Permodalan Bagi Mustahiq.

175
Ket foto: Ketua BAZNAS kabupaten Garut, H.Rd. Aas, saat ditemui sejumlah media diruang kerjanya

Jurnalis : Ju/Wan

GARUT,(KF).- BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut dalam kurun waktu 2017 telah nenyalurkan bantuan kepada penerima manfaat (mustahiq) sebesar Rp. 1,9 miliar lebih dari 7000 orang di Kabupaten Garut ini.

Hal ini dikemukakan oleh Ketua Baznas Kabupaten Garut Raden Aas Kosasih S.Ag M.Si dalam satu wawancara dengan awak media di Kantor Baznas Jalan Pramuka Garut, kamis (18/1).

“Tahun ini ada peningkatan jumlah dana zakat infak sodakoh yang dikumpulkan dibanding tahun lalu, mencapai Rp250 juta, walau nominalnya naik dibanding tahun lalu, tetapi target penerimaan zakat masih jauh dari maksimal, sehingga perlu terus ditingkatkan. Secara bertahap kita maksimalkan penerimaan zakat, karena zakat bagian dari sosial. Belum maksimalnya penerimaan zakat, karena lemahnya kesadaran Aparatut Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Garut dalam membayar kewajiban zakat,” tutur Aas.

Aas berharap ada dorongan Pemerintah Kabupaten Garut untuk lebih meningkatkan penerimaan zakat ini, sehingga akan lebih banyak lagi mustahiq yang membutuhkan bantuan akan terbantu.

“Bersama Bupati kita akan terus mendorong, zakat aparatur pemerintahan disalurkan ke Baznas Kabupaten Garut. Silahkan ada dua lembaga zakat yang resmi dibentuk oleh pemerintah yakni Baznas dan LAZ. Jaringan kami sampai ke tingkat kecamatan, dan piranti hukumnya sudah dipersiapkan oleh Bupati sebelum beliau memasuki masa cutinya” kata Aas.

Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2014 tentang optimalisasi pengumpulan zakat profesi di lembaga negara/pemerintah dan sebagainya. Selain itu, hanya Baznas yang berwenang mengeluarkan NPWZ (Nomor Pokok Wajib Zakat).

“Untuk memperoleh kartu NPWZ, menurut Aas, maka si wajib zakat harus membayar dulu zakat lewat Baznas. Pihak Baznas kemudian meminta persyaratan administrasi seperti nomor KTP, nomor HP dan sebagainya. Langkah ini akan menjadi sebuah teladan kepada seluruh masyarakat bahwa zakat adalah kewajiban bagi umat muslim yang harus ditunaikan melalui badan resmi pengelola zakat nasional,” pungkas Ketua Baznas Garut. 

Baznas kabupaten Garut pun dalam tahun 2018 sudah mengagendakan program untuk menyalurkan bantuan kepada para mustahiq yang memerlukan permodalan untuk berdagang dengan kisaran bantuan Rp.500 ribu sampai dengan Rp.2 Jt.

Editor : Indra R

BAGIKAN