Tahun Depan Garut Terapkan E-Parking

57

Wartawan: J Wan

GARUT,(KF) – Optimalkan retribusi daerah dari sektor parkir, Pemerintah Kabupaten Garut rencananya siap menerapkan sistem E-Parking. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman.

“Pendapatan dari parkir manual seperti sekarang belum efektif. Kita akan uji coba mesin parkir elektronik untuk meningkatkannya,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Garut Suherman saat ditemui wartawan  di Jalan Ahmad Yani, kemarin (3/12).

Menurut Herman, pendapatan Pemkab Garut dari sektor parkir saat ini baru mencapai Rp 900 juta per tahunnya. Padahal sebelumnya Pemkab telah menargetkan 1,1 miliar rupiah per satu tahun.

Sebagai uji coba, mesin parkir rencananya akan mulai diterapkan di tiga tempat kawasan perkotaan, diantaranya di Jalan Cikuray, Jalan Ciledug dan area objek wisata Situ Cangkuang.

“Mesin parkir itu tajam, dari target 1,1 miliar rupiah, bisa jadi empat miliar rupiah (per tahun),” ujarnya.

Uji coba mesin parkir akan dimulai masuk bulan Januari tahun 2018 mendatang. Sebelum diterapkan, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada para juru parkir agar tidak terjadi kesalahpahaman.

“Ini tujuannya untuk menghindari kebocoran juga. Jika selama uji coba tidak efektif, kita kembali ke parkir manual. Jadi nanti petugas tidak menerima uang langsung, pembayaran parkir melalui kartu seperti sistem kuota atau mirip seperti masuk tol melalui kartu elektronik. Nanti keluar masuk menunjukkan slip dari tanda bayar parkir saja ke petugas,” katanya.

Editor: Jay AS

BAGIKAN