Tak Ada Tong Sampah, Pot Pun Jadi

201

KF,- Masalah sampah di perkotaan muncul seiring dinamika kota, pertumbuhan ekonomi serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Sampah di perkotaan tanpa pengelolaan yang tepat dan baik akan menimbulkan dampak bagi kualitas kehidupan warganya.
Semerawutnya tata kelola ataupun kesadaran masyarakat sendiri terhadap ketertiban buang sampah, khususnya di area perkotaan banyak disesalkan warga. Kendati personel kebersihan giat menyapu sampah setiap harinya, namun kurang sadarnya masyarkat mengakibatkan permaslaahan sampah ini menjadi pelik.

Sementara itu saat ditemui diruang kerjanya, Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kabupaten Garut, menyesalkan terkait pola perilaku sebagian oknum masyarkat yang membuang sampah sembarang, apalagi di fasilitas umum yang ada di perkotaan yang notabene menjadi wajah kota Garut.

Ket poto: salah satu pot yang dijadikan tempat sampah
Ket poto: salah satu pot yang dijadikan tempat sampah
Pihaknya mengimbau agar masyarakat sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan, merawatnya, punya tanggung jawab moral apalagi termasuk fasilitas untuk kepentingan umum seperti tong sampah, pot tanaman bahkan tanaman itu sendiri.

“Kalau diambil, berarti itu untuk kepentingan pribadi, kendati memang nanti diganti, tapi kalau terus menerus ini menjadi preseden buruk, kalau tidak ditangani sacara tensif (pihak perusak atau pencuri, red) ,bisa dikenakan pidana selain merusakan fasilitas publik, pencurian juga,” kata Guriansyah.

Hal senada di katakan Indra warga Garut kota. Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun alam dan sangat disayangkan kalau dilihat ada orang yang buang sampah sembarangan apalagi ke pot tanaman,” saya kira orang niatnya mau buang sampah pada tong,ternyata tidak ada,cuma ada tutupnya saja, maka pot pun jadi,” ungkapnya saat menikmati CFD.(J Wan)

BAGIKAN