Tanggul Air Di Desa Cijolang Jebol, Badan Jalan dan Lahan Pertanian Serta Kolam Ikan Dipenuhi Lumpur.

142
Ket foto: Istimewa (kiriman dari MC Kodim 0611 Garut)

GARUT, (KF).- Hujan deras yang mengguyur sejak siang hingga sore hari mengakibatkan terjadinya Tanggul penahan Air yang masih dalam tahap pembangunan Jebol.

Peristiwa tersebut terjadi di wilayah Kp.Cisaat Bancey Rt 02 Rw 06 Desa Cijolang, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut Jawabarat. Pada Sabtu (23/02) sekitar pukul 04.30 Wib

Babinsa Desa Cijolang, Serma Ansori menyampaikan dalam rilis laporannya tempok tanggul yang jebol tersebut tak bisa menahan debit air yang cukup tinggi sehingga jebol.

“Tembok tanggul penahan yang masih dalam tahap pembangunan kondisi nya masih basah sehingga tidak bisa menahan air yang cukup deras, sehingga Tanggul tersebut jebol,” katanya Minggu (24/02/2019)

Akibatnya, jalan Desa dari Kampung Pulo menuju Kampung Sudi dan Cipicung tidak bisa delewati oleh kendaraan roda 4 karna tertutup lumpur.

“Kendaraan roda empat sementara tidak bisa melewati, bahkan bukan hanya itu aliran air lumpur juga masuk ke pertanian dan kolam ikan,” tuturnya.

Saat ini, Babinsa serta pemerintah Desa dan masyarakat setempat melakukan upaya membersihkan lumpur yang menutupi badan jalan.

” Selain melaksanakan kerja Bhakti dengan warga masyarakat dengan membersihkan lumpur baik yang menutupi badan jalan serta menahan tanggul sementara dengan menggunakan karung,” jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. ” Alhamdulillah tidak ada korban jiwa namun untuk kerugian masih dalam penghitungan pemerintah Desa Cijolang,” ungkapnya. (Indra Ramdani)

Editor : Yusuf Akbar

BAGIKAN