Tanggul Irigasi Sungai Cipeujeuh Di Garut Kota, Seringkali Jebol.

52
Ket Foto : Nampak Irigasi Sungai Cipeujeuh, Blok Dayeuhandap, kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota. (Foto oleh : Indra R)

Koran-Fakta.com (KF).- Tanggul penahan saluran Air di Irigasi Sungai Cipeujeuh tepatnya di Kampung Dayeuhandap Rw 01, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota sering kali jebol ketika air dari hulu sungai tersebut mengalir cukup deras.

Akibatnya, saluran pembagi aliran air dari irigasi itu tidak mengalir optimal. Padahal perlu diketahui irigasi tersebut merupakan salah satu pintu air yang mengaliri beberapa kelurahan diwilayah kecamatan Garut kota. Termasuk kelurahan Regol dan kelurahan Paminggir.

“ Saya dan warga diwilayah ini selalu memperbaiki tanggul ini dengan karung-karung yang diisi dengan pasir setiap kali jebol, tapi tetap tidak bertahan lama,” ujar Wa Abo. Salah seorang warga setempat kepada wartawan di lokasi. Jum’at (05/02/2021) Siang.

Kata ia, dirinya dan masyarakat setempat berharap Dinas terkait yang sudah mengetahui kondisi itu, bisa sesegera mungkin memperbaiki tanggul penahan debit air irigasi tersebut.

“ Ya tentunya kami berharap Dinas Terkait bisa secepatnya membantu perbaikan, agar aliran Air yang masuk ke aliran Sungai Cimaragas, yang pintunya dari irigasi ini bisa teraliri dengan normal, karna bagaimanapun pintu irigasi ini mengaliri beberapa kelurahan seperti kelurahan Regol, Paminggir airnya dari sini,” harapnya (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN