Tasik Kota Smart City Segera Terwujud

78

Jurnalis : Tono Efendi

Tasikmalaya, (KF)- Smart City adalah konsep kota cerdas yang dirancang untuk membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam hal mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi. Dengan begitu, masyarakat bisa mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Belum lama ini, Kota Tasikmalaya baru saja mengeluarkan dua payung hukum untuk menunjang akselerasi Smart City. Yakni Perwalkot Nomor 36 Tahun 2017 tentang Tasikmalaya Smart City dan SK Wali Kota Nomor 55/Kep. 363-Kominfo/2017 tentang Pembentukan Dewan Tasikmalaya Smart City Masa Bakti 2017-2021.

“Seiring diterbitkannya payung hukum tersebut, hal ini membuktikan kalau pemkot memang serius menjadikan kota ini sebagai Kota Smart City. Jadi bukan hanya sekedar jargon politik Walikota belaka,” ungkap Wakil Sekretaris I Dewan Tasikmalaya Smart City, Ahmad Taufik, Minggu (19/11) sore tadi dikantornya kepada koran-fakta.com.

Taufik menyebutkan,  saat ini pemkot Tasik tengah bekerja sama dengan Institut Tekhnologi Bandung (ITB) untuk membuat site plan atau rencana induknya.

Dia pun meyakini, Smart City akan betul-betul terimplementasikan di Kota Tasik, namun dirinya enggan berspekulasi dengan waktu. Kendati begitu, Dewan Smart City bakal berupaya semaksimal mungkin agar Smart City bisa dirasakan sesegera mungkin.

Adapun salah satu kendala terlaksananya Smart City, masih kata dia, antaran keterbatasan infrastruktur penunjangnya. Sedangkan, untuk pengadaan infrastruktur tersebut, saat itu kami belum memiliki payung hukumnya. Tapi sekarang pengadaan infrastruktur bisa segera dilaksanakan, karena payung hukumnya sudah ada,” pungkasnya. 

Editor: Van B

BAGIKAN