Tempat Wisata Karacak Valley, Cukup Diminati Pengunjung.

231
Ket Foto: Aki, (jaket merah garis hitam) Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Mandiri saat ditemui Koran-fakta.com di pos tiket wisata karacak valley.

GARUT, (KF).- KARACAK Valley begitu sebutan tempat wisata di Garut yang terbilang baru, yang dibuka sekitar awal tahun 2016 lalu. Lokasi Karacak Valley tersebut berada dikaki gunung karacak. Tepatnya di kampung Pakuwon, kelurahan Sukanegla, kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Saat ini lokasi karacak valley jadi salah satu tempat wisata baru yang cukup populer dikalangan traveller baik lokal di Garut ataupun dari luar kota.Tak hanya saat libur panjang, tempat wisata yang dekat pusat kota Garut ini ternya mampu memikat para pengunjung saat libur akhir pekan

Tempat wisata ini memang menyuguhkan sensasi alam yang penuh pesona. Hutan pinus berhawa sejuk langsung menyambut para wisatawan ketika tiba di lokasi tersebut. Dari sinilah wisatawan pun bisa menyaksikan lanskap Garut dari ketinggian, salah satunya dari spot Puncak Dogar (Domba Garut), yang jaraknya tak terlalu jauh dari pintu masuk.

Pantauan koran-fakta.com, Sabtu (29/6/2019) pengunjung yang datang ke objek wisata ini berasal dari berbagai daerah. Muhlis Munawar salahsatunya pengunjung asal kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut mengatakan, untuk sekedar Spot foto-foto dan berwisata di lokasi ini tentunya cukup mempesona.

” Wisata di sini memang menyuguhkan sensasi alam yang penuh pesona. Ratusan hutan pinus dengan hawa sejuk rasa – rasanya seperti di “lost in in pine forest”, katanya

Sementara ditempat terpisah, ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Mandiri yang mengelola lokasi wisata karacak valley, mengatakan. Tak hanya lokasi untuk spot foto dan berkemah di tengah ratusan pohon Pinus. Di karacak valley inipun ada air terjun (Curug) yang lokasinya sekitar 1 Km dari pintu masuk yang dapat ditempuh dengan jalan kaki kurang lebih sekitar 30 menit.

“Selain hutan pinus, Air terjun disini menjadi salah satu spot foto pilihan di area karacak valley”, ujar Aki, begitu sapaan ketua LMDH Karacak valley.

Lanjutnya, wilayah berupa hutan pinus dan perkebunan kopi milik Perhutani. Yang Pengelolaannya sendiri dilakukan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Mandiri. Secara keseluruhan, memiliki luas sekitar 92 hektar. “Tapi yang dimanfaatkan untuk kepentingan wisata baru sekitar 10 hektar” katanya

Lanjut disampaikan, sampai saat ini respon masyarakat dengan tempat wiasata karacak valley sangat positif sekali. Meski harus diakui jalan menuju ke lokasi sejauh ini belum begitu bagus. Pungkasnya (Indra Ramdani)

BAGIKAN