Tiga Hari Operasi Zebra Lodaya 2019, Polres Garut Tindak 2.347 Pelanggaran

309

Koran-Fakta.com (KF).-Baru tiga hari digelar dalam Operasi Zebra Lodaya 2019, Terhitung dari tanggal 23 Oktober s/d 26 Oktober 2019 Jumlah Pelanggaran Kabupaten Garut hingga 2.374 Pelanggaran, dengan 1.620 Tilang dan 754 Teguran. Hal tersebut disampaikan Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah dalam keterangan Press Conference yang digelar di halaman Mapolres, Jalan Sudirman Garut, Sabtu (26/10/2019).

Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah didampingi Kasat Lantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputra SH SIK mengungkapkan, banyaknya penindakan yang dilakukan mencerminkan masih banyaknya pengendara yang kurang sadar akan berlalu lintas terutama dalam membawa surat- surat kelengkapan kendaraan.

Masih kata Kapolres Garut, pelanggaran lainnya dalam penindakan prihal pelanggaran melawan arus, tidak menggunakan Helm keselamatan bagi roda dua dan kendaraan umum yang sudah tidak layak jalan.

“ Sebagian penindakan masih didominasi oleh kendaraan roda dua, dimana tidak melengkapi dalam berkendara seperti tidak menggunakan Helm, dan anak dibawah 17 Tahun, serta kendaraan umum tidak layak jalan”, terangnya.

Lebih jauh Kapolres Garut juga menerangkan, dalam oprasi kali ini, pihaknya juga menemukan Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ) yang diduga palsu. Ini terlihat dari Bahan material STNK tersebut berbeda dengan material yang digunakan saat ini.

“STNK itu kendaraan jenis City Car Hinda Jazz warna hitam, STNK nya seperti di scan dan dicetak oleh sendiri. Bahannya juga beda dengan STNK yang asli,” ujar Kapolres Garut.

Namun lanjut Dede, Pihaknya masih memeriksa data kendaraan ini, jika memang benar palsu, akan kami tindak.

Sambung Kapolres, Pelanggaran di dominasi oleh tidak menggunakan Helm SNI sebanyak 758 Pelanggaran, Melawan Arus 185 Pelanggaran, Safety Belt 294 Pelanggaran, Penggunaan HP saat berkendara 38 Pelanggaran, Knalpot Bising 53 Pelanggaran, Lain-lain (Muatan, Kir, Surat-surat) 81 Pelanggaran.

“Barangbukti yang di amankan 101 Unit kendaraan Roda 2, 13 Unit Kendaraan Roda 4, Mobil Odong-odong 2 Unit, Truk 3 Unit. Sementara diamankan sampai bisa melengkapi surat-surat Kendaraanya.
Ops Zebra masih berlangsung hingga tanggal 5 November 2019,” paparnya (J Gunawan)

Editor : Indra R
BAGIKAN