Tim Pemkab Garut Tiba Di Makasar, Berhasil Pulangkan 41 Korban Gempa Dan Tsunami Palu

86

GARUT,(KF).- Setelah bertolak tadi pagi dari Bandung, Tim Pemkab Garut yang terdiri dari Asisten Pemerintahan dan Kesra, Didit Fajar Putradi, Kepala Bidang Kehumasan Diskominfo Ricky Rizki Darajat, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan dr. Tri Cahyo, sampai di Makasar tadi Pukul 08.20 WITA, Sabtu (06/10).

Sesaat setelah tiba di Makasar, Tim Pemkab Garut langsung melakukan penyisiran ke beberapa wilayah pengungsian selama hampir 2 jam dan akhirnya dapat bertemu dengan para korban gempa dan tsunami Palu asal Garut yang mengungsi ke Makasar di Perdok Makasar, sekitar pukul 11.00 WITA.

Dari info yang diterima Koran Fakta.com dari Tim Pemkab Garut yang berada di Makasar menyampaikan, Alhamdulillah kami telah berhasil bertemu dengan 31 korban gempa dan tsunami asal Garut yang mengungsi ke Makasar, ujar Ricky Rizky Darajat saat dihubungi melalui WhatsApp.

“Mereka para korban merasa terharu saat pertama bertemu dengan tim dari Pemerintah Kabupaten Garut, sambil bersalaman mereka menitihkan air matanya bertemu dengan kami, terang Ricky.

Lanjut Ricky, bahwa 31 Korban sore ini akan kita fasilitasi dengan dibelikan tiket pesawat komersial Pesawat Lion Air dengan Penerbangan sore ini Pukul 17.30 WIB, tujuan Bandara Sukarno – Hatta Jakarta.

Poto saat akan pemulangan Korban Gempa dan tsunami Palu, Asal Garut dari Makasar

Setelah bertemu 31 Korban kami melakukan pendataan dan langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dr. Tri Cahyo Nogroho salah satu Tim Pemkab Garut dan selanjutkan dilakukan pendataan.

“Kami langsung lakukan pemeriksaan terhadap 31 orang tersebut, terlihat mereka kelelahan dan ada beberapa orang yang sakit, selanjutnya kami berikan obat agar bugar sebelum diterbangkan ke Jakarta dan akan di bawa ke Garut menggunakan Bis sampai ke Posko di Sekretariat Daerah”, sebut Ricky.

Selain 31 orang di Makasar yang kita pulangkan dengan di fasilitasi dibelikan tiket pesawat komersial, kita juga memulangkan 10 orang yang berada dipengungsian di Balikpapan, dan Kami terbangkan pula ke bandara Sukarno – Hatta Jakarta.

“Alhamdulillah selain di Makasar, Tim Pemkab Garut juga berhasil memulangkan 10 orang yang berada di Balikpapan, jadi hari ini kita memulangkan saudara kita asal Garut sebanyak 41 orang” pungkas Ricky.

Sebagaimana diketahui gempa dan tsunami di Palu sampai hari ini telah lebih dari 1.500 orang yang meninggal dunia, akan tetapi sampai berita ini di buat tidak ada warga Kabupaten Garut yang menjadi korban.

Laporan : J Gunawan

Editor. : Indra R