Tim Penilai Lomba Desa Kunjungi Desa Kersamenak….

223

GARUT, (KF).- Desa Kersamenak, Kec Tarogong Kidul menjadi perwakilan Lomba Desa untuk tingkat Kabupaten Garut, kegiatan tersebut digelar di kantor Desa kersamenak jalan Sukapadang Cikamiri Kec Tarogong kidul, Kab Garut. Kegiatan tersebut dihadiri langsung Camat Tarogong kidul Hj.Lilis Neti, tim penilai dari DPMPD, porkopim kec Tarogong Kidul, para Kepala Lurah, kepala Desa, Tim PKK, LPM, karang taruna dan tokoh agama serta tokoh masyarakat, Jumat(17/03/2017)

Kasi Pemdes DPMPD Kab Garut, sebagai Ketua Tim penilai lomba Desa Budi, mengatakan,” lomba desa di desa Kersamenak ini, yang ke enam dan nanti loba desa yang terakhir akan dilaksanakan didesa Kec Samarang. pada intinya lomba desa ini, kita dari DPMPD Kab Garut sebagai penilai dan terbagi menjadi beberapa tim, kebetulan kami dari tim 2 “katanya.

Saat kegiatan lomba desa di aula kantor Desa Kersamenak Kec Tarogong Kidul
pada prinsifnya ini evaluasi perkembangan desa, yang diakhiri dengan lomba desa yaitu yang pertama desa itu sesuai dengan Pemendagri 81 Tahun 2015. Bahwa desa itu harus mengevaluasi diri yang sudah ada dalam peraturan Pemendagri. Lebih jelasnya, setelah evaluasi diri yang di isi oleh kepala desa beserta perangkatnya, ditindak lanjuti oleh tingkat Kecamatan dan dilihat apakah desa tersebut sebagai desa kurang berkembang, berkembang dan cepat berkembang dengan berbagai penunjangnya.
“untuk melihat tifelogi desa itu penilainnya tersebut diambil dari tahun 2015 sampai 2016 untuk lomba desa tahun 2017,” jelasnya.

Adapun Indikator penilaian penunjang tersebut meliputi seperti Rpjmdes, kewilayahan, Admintrasi desa di bidang Pemerintahan, keuangan, kesejahteraan Masyarakat, keamanan dan ketertiban, kesehatan, budaya, Pendidikan, keberesihan lingkungan dan admistrasi umum, posyandu dan PKK. harus sesuai menurut dengan Pemendagri No.81,” ungkapnya pada media.

Pemaparan presentasi dihadapan tim penilai dan tamu Undangan
Sementar itu Camat Tarogong kidul Hj.Lilis Neti S Sos MSi mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan sekaligus bangga dengan banyaknya peningkatan perbaikan admistrasi dan pelayanan masyarakat, ditambah ada juga basis teknologi informasi untuk pemanfaatan Aplikasi dalam Pelaksanaan tugas kerja, yang mana diantaranya, Prodeskel, untuk pemetaan profil desa dan data dasar keluarga juga Simkudes, untuk perencanaan dan penataan usaha APBDES dan Simades, untuk pelayanan Administrasi pada masyarakat yang terintegrasi pada perubahan data kependudukan.

“Saya Bangga di Desa Kersamanah ini sangat banyak peningkatan perbaikan dari administrasi dan pelayanan pada Masyarakat dan kepada Kepala Desa beserta stafnya jangan dulu bangga dengan peningkatan ini mohon kita sebagai pelayan Masyarakat agar di tingkatkan sesuai dengan aturan yang berlaku,” harapannya.( dra R/ J Wan)

BAGIKAN