Tim Wantimpres, Akan mendata Desa Wisata Garut

86

Oleh: Joehendi

GARUT,(KF).- Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Drs. Tedi M Si, yang menerima tamu dari Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) di Ruang Rapat Wakil Bupati, di Gedung Pemda Garut, Jalan Pembangunan Garut, Rabu (21/2).

Kadisnaker menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh tim Watimpres dan tamu undangan lainnya, di hadapan tamu undangan yang diantaranya Pjs Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut H, Uu Saepudin S.T Ms.i, tamu dari Watimpres, Kepala Bagian Kesejahteraan, Drs Untung Widodo, Subagian Lingkungan Hidup, Fikroh Amalia F.A, Analis Kesejahteraan Rakyat, Agita Rindu Adinda serta Dpmd, Disparbud, Disdik , Perwakilan Bumdes Kesra Tapem.

Tedi berharap selama tiga hari keberadaan nya di Garut, tim bisa menikmati suasana alam Garut yang masih alami dan asri.

“Saya mengharapkan bisa di jadikan bahan pertimbangan sebagai Destinasi kekayaan alam Kabupaten Garut untuk menuju desa wisata kedepannya, mengenai sekolah SMA yang terkait dengan keparawisataan yang ada di Garut, ada tiga Sekolah yang sudah berjalan sebagai Sekolah Penunjang serta bisa memajukan wisata di Kabupaten Garut”, papar Tedi.

Dengan tujuan untuk mendata Desa yang ada di Kabupatn Garut akan lebih terbuka untuk menuju Desa Wisata yang bisa lebih maju menyamai Desa-Desa lainya yang ada di Indonesia sebagai Desa Tujuan Wisata, karena masih banyak Desa yang harus di kelola oleh pihak Kepala Desa, Bumdes dan Pemeritah.

“Mulai 2018 Kabupaten Garut sedang menata perangkat Desa supaya bisa bekerja dengan baik, berpenampilan sopan dan rapih serta diberlakukanya apel pagi dan sore agar menjadi contoh buat masyarakat yang ada di lingkungan Desa”. tandas Tedi.

Ketua Tim Watimpres, Untung Widodo berpendapat bahwa dalam rangka pengumpulan data dan informasi terkait dengan Peranan Desa Wisata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di Kabupaten Garut. Selama tanggal 20 sampai dengan 23 Pebuari 2018

“Dalam rangka melaksanakan pertemuan dengan stekholders Pariwisata Kabupaten Garut dan pihak terkait lainya seperti Asisten Pemerintah, Kesra sekertaris daerah dan dinas terkait untuk melaksanakan Perintah Presiden dengan tujuan mendata seluruh Desa yang ada di Kabupaten Garut agar kedepanya Desa menjadi Daerah Tujuan Wisata, serta bisa meningkatkan kehidupan yang bisa di mangfaatkan masyarakat dan membuka lapangan kerja, sebab masih banyak potensi yang ada, di desa yang perlu di gali lagi”,
ujar Untung Widodo

Sekertaris DPMD Kabupaten Garut, Drs. Asep jaelani, jumlah Desa di Kabupaten Garut sebanyak 421 desa. Yang bisa melaksanakan desa maju sekitar 240 desa.

“Sesuai pengelolaan Bumdes yang sudah berjalan di Kabupaten Garut dari jumlah 421 desa, dari mulai hasil kerja rumahan dan pertanian termasuk menjadikan daerah wisata yang sudah ada dan baru dibangun, sebagai contoh Asosiasi bumdes Desa sukatani telah bekerja sama dengan Pemerintah mengadakan giat wisata dengan membuat Kampung Jokowi, tujuannya adalah pengembangan Batik Garut dan kampung Amsterdam dengan tujuan membudayakan buku bacaan sunda, dan Stekholder Pariwisata dapat bersinergi supaya wisata yg selama ini telah ada agar dapat ditingkatkan lagi lebih maju”, papar Asep.

Tujuanya akhir dari kunjungan ini adalah supaya masyarakat yang selama ini masih rendah tingkat SDM nya agar dapat ditingkatkan, mengimbangi pola pikir, agar Bumdes tidak akan berkembang usahanya apa bila kurang dukungan stekholder Pariwisata.

BAGIKAN