TNI dan Polres Garut, Siap Sukseskan Kirab Api Obor Asean Games Ke XVIII

115

GARUT,(KF).- Dalam rangka pemantapan pelaksanaan Kirab Obor” Asian Games (Torch Relay) XVIII Tahun 2018 Dikabupaten Garut “, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab.Garut sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Daerah (Pemda) terus melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait, di GOR Beladiri Jl.Ciateul Kab Garut, Kamis (19/7/2018).

Kegiatan tersebut Dibuka langsung Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, juga hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna SIK, Danrem 062 Garut, Dandim 0611/Garut yang diwakili, Ketua KONI Kab. Garut Abdusy Syakur, Serta para tamu undangan lainnya.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna SIK dalam pemaparannya menyampaikan, walaupun Garut tidak punya veanu tapi kirab Asean Games bisa melintas dan menginap di Kab Garut, ” ini adalah suatu penghargaan, suatu kehormatan, suatu kebanggaan bagi kita semua bahwasannya Garut masih dipercaya dan ini harus kita persiapkan dengan berbagai persiapan,” ucapnya.

Lebih jauh Kapolres mengatakan, terkait pengamanan dan pengawalan, pihaknya telah siap mensukseskan Kirab Obor Asean Games ke XVIII tahun 2018 ini,
” Kami siap, TNI dan Polri untuk pengawalan juga pengamanan berlangsung nya Kirab Asean Games ini, Sukses dan Lancar,”ujarnya.

Sementara untuk Personil Pengamanan, Kapolres menjelaskan, sebanyak 15 orang dari Polri dan 15 orang dari TNI, ” kami akan siapkan 30 personil yaitu 1 pleton dari TNI dan 1 pleton dari Polri. Untuk Polri kami libatkan 15 personil dari Brimob Jabar dan 15 personil dari Polres Garut” , ungkapnya

Menurut Kapolres, Ada sebanyak 16 titik jalur yang akan dilalui kirab obor ini yaitu perbatasan Kab Bandung Garut,”dari perbatasan Bandung dan Kadungora sampai ke gedung Pendopo dengan Pengamanan super ekstra ketat , dan jika ada aksi maupun teror sekecil apapun pihaknya akan bertindak sesuai dengan ketentuan,” tandasnya.

Selain itu Kapolres pun menghimbau dan mengajak bagi semua elemen masyarakat dan dinas terkait, untuk ikut serta mensukseskan Kirab Obor Asean Games ini.

” besar harapan kami, semua kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar, mari kita sambut kirab Asean Games ini dengan penuh tanggung jawab karena ini amanah yang kita emban ini sangat berat sedikit saja ada celah pasti dunia internasional akan menyoroti kita, suatu kegembiraan Garut sudah menjadi momok dimata Internasional kita pertahankan agar semua itu bisa sukses, lancar sampai api itu sampai menuju kembali ke Jakarta,” pungkas Kapolres Garut.

Oleh : J. Gunawan