Tumpukan Sampah Yang berada Di Sungai Cimaragas, Di Angkut Warga Dengan Alat Seadanya.

135
Ket Foto : Kepala kelurahan kota kulon, bersama UPT PUPR Garut kota serta Masyarakat setempat bahu membahu membersihkan sampah di badan sungai Cimaragas, blok Dayeuhandap. (Foto oleh : Indra Ramdani)

GARUT, (KF).- Sampah yang dibuang Warga ke sembarang tempat mengakibatkan tersumbatnya Drainase Sungai Cimaragas, Blok Dayeuhandap, Jln Papandayan, Kelurahan kota kulon, Kecamatan Garut Kota.

Berangkat dari hal itu. Unit Pelaksana Teknis (UPT) PUPR Bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Garut serta Warga masyarakat Kampung Dayeuhandap RW 04/01 melakukan pengangkutan (pembersihan) sampah yang berada di badan sungai tersebut.

Dari pantauan wartawan dilapangan, pengangkutan sampah yang dilakukan warga tersebut dari sungai hingga dinaikkan ke badan jalan menggunakan peralatan seadanya.

“Warga terjun langsung ke sungai, bahu-membahu mengangkut tumpukan sampah yang menjadikan tersumbatnya aliran sungai tersebut”

Kepala Kelurahan Iyed Suryadin S,.IP didampingi Kasubag UPT PUPR kecamatan Garut Kota, Mulyadi, S.Ip. Mengatakan, Pengangkutan sampah dari badan air dikarenakan kehawatiran warga, mengingat banyaknya sampah yang berada di saluran tersebut sehingga Berpotensi akan penyakit.

“Dari pihak kami (kelurahan red). Berinisiatif untuk bekerja sama dengan warga setempat agar sampah yang menyumbat saluran air bisa kembali normal,” katanya. Kamis (27/06/2019) Siang.

lanjut iyed Alhamdulillah pengangkutan sampah dibadan air tersebut melibatkan peran serta pemerintah yang bersangkutan.

“Alhamdulillah dinas DLH dan UPT PUPR cepat merespon akan kekhawatiran warga dan membantu untuk sesegera mungkin mengangkut sampah yang sudah di angkut dari badan air ke permukaan jalan, untuk selanjutnya diangkut ke TPA.” Ujar iyed

Lebih jauh lagi dikatakn Iyed, kesadaran masyarakat akan bahaya membuang sampah sembarangan diwilayah sungai perlu lebih ditingkatkan.

“tentunya apabila kesadaran masyarakat tumbuh. sampah yang sifatnya tercecer di sungai bisa lebih teratasi, jadi yang paling penting adalah kesadaran masyarakatnya” kata ia

Pihaknya menghimbau, Masyarakat jangan pernah sekali – kali membuang sampah ke sungai, jangan sampai sungai dijadikan tempat sampah.

“Saya mengimbau kepada masyarakat terutama yang berada di bibir sungai agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan termasuk kebersihan sungai Cimaragas dengan membuang sampah pada tempatnya,” pungkasnya. (Indra Ramdani)

Editor : Van’s

BAGIKAN