UNBK Tidak Mungkin Dilakukan Disetiap Sekolah

193
Kepala Dinas Pendidikan Kab Garut ; Drs. H. MAHMUD, M.Si, M.M.Pd.

KF.- Fasilitas terbatas menjadi kendala utama sulitnya melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ditiap sekolah di Kabupaten Garut. Makanya pelaksanaan UNBK di Kab. Garut untuk tingkat SLP yang sudah pasti akan dilakukan hanya di SMPN 1 dan 2. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Garut, Mahmud, mengatakan hal itu di ruang kerjanya, Rabu (25/1/2017).

Terkait adanya surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, tentang pelaksanaan ujian nasional tahun 2016/2017, yang beberapa poin di antaranya menekankan tiap sekolah agar dapat melaksanakan UNBK, Mahmud menjelaskan, kalau hal tersebut masih dalam musyawarah. “Hari ini saya mau ke Jakarta ada pertemuan atau rembug nasional membahas tentang UNBK tersebut,” katanya.

Mahmud menilai, idealnya memang satu orang siswa satu orang komputer. Akan tetapi, hal itu pun tidak mungkin akan terlaksana, karena jangankan untuk di Garut, di daerah lain pun seperti Bandung tidak mungkin UNBK dilakukan diseluruh sekolah. “Contoh, misalnya di Garut terdapat 22 ribu siswa apakah mungkin tersedia sebanyak 22 ribu komputer, tidak kan ? dibagi tiga sip saja tidak mungkin. Ya kalau yang sudah pasti yaitu di SMP satu dan dua Garut Kota saja. Komputer itu bukan barang murah, pinjam ke sekolah SLA lain pun tidak mungkin,” ujarnya.

Menurut Mahmud, apabila pemerintah pusat mengharuskan agar seluruh siswa mengikuti UNBK, pihaknya akan mengikuti, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah mungkin mengenai fasilitasnya pemerintah pusat akan membantu daerah, khususnya dalam hal pengadaan fasilitas UNBK. “Justru tahun yang lalu Garut juga dijadikan contoh, sebelumnya kota-kota lain ujian di SMP ada yang belum UNBK, sementara Garut kan sudah yaitu smp satu dan dua,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata Mahmud, semua kepala Dinas Pendidikan atau yang mewakilinya di seluruh Indonesia akan mengadakan rapat di Jakarta untuk melakukan Rembug Nasional, yang di antaranya membahas rencana ujian nasional Periode 2016-2017, termasuk keputusan teknis pelaksanaan ujian nasional, apakah wajib UNBK atau tidak.Ungkapnya (J Wan/dra R)***

BAGIKAN