Unik, Anggota DPRD Kabupaten Garut Ini Mencoba Merubah Mindset Warga Supaya Lebih Sadar Akan Kebersihan.

150
Yudha Puja Turnawan Saat Foto bersama Warga yang ikut dalam perlombaan.

GARUT, (KF).- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73. Anggota DPRD Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, dari Fraksi PDI Perjuangan, gelar Berbagi perlombaan.

Selain lomba-lomba yang biasa dilakukan dalam perayaan HUT RI, pihaknya juga menggelar perlombaan yang cukup unik, yakni memungut sampah dilingkungan. Yang dilokasikan di daerah pemilihan (Dapil) 1 tepatnya Dikampung Babakan Abid, Desa Sucikaler, Kecamatan Karangpawitan.

Yudha Puja Turnawan menyampaikan, Adapun dalam lomba tersebut, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk memungut sampah dari jenis botol plastik yang sulit terurai.

Yudha Puja Turnawan, Anggota DPRD Garut Fraksi PDI-P saat memberikan sambutan. (Foto oleh : Koran fakta)

” Kita adakan lomba memungut sampah seperti halnya botol plastik, yang nantinya di timbang kemudian yang paling banyak atau berat dalam timbangannya itu tentunya menjadi juaranya,” ujar Yudha disela kegiatan saat ditemui awak media. Rabu (29/8) siang

Lanjut Yudha, tujuan kegiatan tersebut yakni untuk mengubah mindset warga supaya lebih mencintai lingkungan, sekaligus sadar akan dampak membuang sampah sembarangan.

” Mudah-mudahan dengan lomba seperti ini masyarakat bisa lebih sadar untuk menjaga lingkungan nya dalam hal kebersihan,” jelasnya

Lanjut Yudha, kegiatan jalan sehat nyambil mungut sampah ini, merebutkan hadiah satu buah Kulkas.

“Untuk pemenangnya tentunya yang dapat sampah terbanyak serta terberat dalam timbangannya,” jelasnya

Dikatakan Yudha, hasil pengumpulan sampah botol plastik tersebut nantinya akan didonasikan kepada pemulung yang biasa berkeliling diwilayah tersebut agar bisa lebih bermanfaat.

Foto-foto warga saat lomba mengumpulkan sampah plastik . Foto oleh : Koran fakta.

Sementara ditempat yang sama, salah seorang peserta Ibu Deuis (48) yang juga ketua kelompok dalam lomba tersebut tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap Anggota DPRD Dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

” Alhamdulillah saya sebagai warga di RW 12 sangat berterimakasih sekali terhadap pak Yudha yang telah menjadi bagian dalam kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 ini, mudah-mudahan pak Yudha diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas nya sebagai Anggota Dewan,” ungkapnya.

Laporan : J.Gunawan

Editor. : Indra R