Untuk Menghadapi Ancaman Pangan H.Holil Aksan Umarzen, Luncurkan Program MITRAPONIK

225

Garut, (KF)-Dalam masa krisis terutama dalam bidang pangan, diwilayah kabupaten Garut, serta untuk meningkatkan penghasilan warga masyarakat terutama dibidang pertanian, juga sedikit membuka solusi terciptanya lapangan pekerjaan, H. Holil Aksan Umarzen Luncurkan Program MITRAPONIK, (Bermitra Menanam Hidroponik).

” Misi ekonomi dan misi sosial menjadi pemicu saya untuk meluncurkan program mitraponik ini, dengan alasan yang mendasar beberapa permasalahan masyarakat garut saat ini.” Ucap Holil saat dijumpai sejumlah awak media dikediamanya, di Jl.Raya Limbangan 232 A. Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawabarat. Kamis(13/7/2017) Siang.

Lanjut Holil, kabupaten Garut ini merupakan wilayah konservasi dengan lahan tanah yang dikuasai masyarakat mencapai 18%, dengan segitu luasnya. ” Dari 18% ini terjadi pergerusan oleh kebutuhan pembangunan, baik infrastuktur, perumahan dan sebagainya yang berada dilahan produktif ditambah adanya praktek-praktek monopoli lahan, baik oleh perorangan ataupun swasta, jadi kalau fakta saat ini kan sudah berapa persen yang dikuasai masyarakat, sehingga penduduk terus bertambah, lahan terus berkurang. Yang pada akhirnya tidak diterhindarkan bila terjadi alih fungsi lahan oleh masyarakat, pegunungan di hutan yang terindikasi terdampak pada bencana. Makanya saya meluncurkan program ini sebagai salah satu solusi untuk menghadapi ancaman pangan, menghadapi ancaman bencana akibat alih fungsi lahan, juga untuk menambah penghasilan masyarakat, Karna dalam program ini ada misi ekonomi nya,” Katanya.

Pembimbing saat memberikan penyuluhan tentang tanaman hidroponik

Lebih jauh diungkapkan Holil, program mitraponik ini merupakan misi saya untuk memajukan masyarakat Garut, ” jadi yang saya pikirkan masyarakat Garut, yang tadinya tidak punya penghasilan dengan mengikuti program ini bisi memperoleh penghasilan, juga salah satu solusi mengurangi pengangguran,” Ungkapnya

Sementara Koko KR Anggapraja, selaku Ketua Kordinator program Kegiatan P4LS dari Komunitas Pohon Indonesia, mendukung sepenuhnya program MITRAPONIK yang diluncurkan H Holil tersebut, ” kami melihat program pa Holil ini sangat strategis dan berguna sekali bagi masyarakat,” Ujarnya

Lanjut ia, masyarakat jangan berpikir bahwa bertani itu harus selalu memiliki lahan, “kita harus bisa memanfaatkan lahan yang ada disekitar halaman rumah kita, bayangkan kalau dalam satu RT/RW semua bercocok tanam dengan sistem program seperti ini, bisa dibayangkan berapa hasil panen yang akan dihasilkan, jangankan pemberdayaan ekonomi pemberdayaan bagi pemuda pun bisa jadi pengepul, artinya mereka bisa jadi leder, kewirausahaan, Karna ini bukan program baru, namun selama ini program ini ke masyarakat tidak terlalu gencar,” Paparnya (Indra R).

Para peserta kegiatan saat melihat percontohan tanaman hidroponik
BAGIKAN