UPT PUPR Banyuresmi, Lakukan Rehabilitas Di Tiga Irigasi

64

GARUT,(KF).- UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kecamatan Banyuresmi, lakukan Pemeliharaan menormalisasi drainase dengan bersih-bersih dan rehabilitas irigasi untuk menjaga kelancran pengairan dan menjaga terjadinya Banjir.

Kepala UPT PUPR Banyuresmi, H. Indriana R. S.Sos. mengatakan, pihaknya sedang melakukan OP di tiga titik Irigasi, diantaranya OP irigasi Ciojar, irigasi Cibuyutan selatan dan irigasi Parigi, yang telah dilaksanakan,sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan,

“Irigasi Ciojar sepanjang 400 Meter, Irigasi Cibuyutan sepanjang 700 Meter dan untuk Irigasi Parigi rencananya akan kita laksanakan mulai pada hari Senin (5/3) mendatang,” ujarnya pada Koran-Fakta.com.

Ket Poto: istimewa

Indriana mengakui ,” Ini sebagai pemeliharan irigasi yang selama empat tahun ini belum dilakukan pembersihan karena tidak adanya anggaran,”ungkapnya.

Masih kata Indriana, personelnya bekerja dari mulai membersihkan parit dari sampah dan pasir, yang mengakibatkan pendangkalan dan mengganggu jalannya aliran air untuk petani mengairi sawah,

“Cara menggali tanah dalam parit jika terjadi kedangkalan. Hal ini dilakukan agar aliran air bisa menjadi lancar dan tidak tersumbat lagi,” paparnya.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan irigasi sesuai dengan fungsinya sebagai aliran air,

“Normalisasi ini untuk meningkatkan sumber perekonomian di bidang pertanian, sehingga sua sembada pertanian bisa meningkatkan produksi hasil pertanian, dengan otomatis akan menjadi sejahtera,” Tegasnya.

Penulis : J Gunawan

Editor. : Indra R