UPT Puskesmas Cihurip, Kedepankan Empat Inovasi di Penilaian FKTP Berprestasi Tingkat Jawa Barat

378

Koran-Fakta.com, (KF).- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cihurip, Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut, Jawa Barat, mewakili Kabupaten Garut dalam Penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi Kabupaten Garut untuk Tingkat Provinsi Jawa Barat.

UPT Puskesmas Cihurip, merupakan perwakilan dari beberapa puskesmas terpencil yang ada di Kabupaten Garut untuk kategori terpencil.

“Alhamdulilah Puskesmas Cihurip ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Garut dalam katagori puskesmas terpencil dalam Penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, (FKTP) dari beberapa puskesmas yang ada di daerah terpencil di Kabupaten Garut,” ujar kepala UPT Puskesmas Cihurip dr. Heri Kurniawan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Puskesmas Cihurip, tentunya akan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya diwilayah Kec. Cihurip bahkan saat ini tengah memiliki beberapa inovasi yang mana diantaranya Inovasi TOP De AMor (Tukang Ojek Puskesmas Dengan Elektronik Ambulan Motor), SABU (Sabtu Sehat Bersama IBu Hamil), SUPERMAN (Surat Pernyataan Masa Persalinan) dan Balater & Japati Pos (Batuk Lama Tes Rehak & Jaga Pesien Tuberculosis Pantau Obati Standar)

“Selain Inovasi, tentunya pelayanan dan fasilitas di UPT Cihurip lebih diutamakan, sesuai dengan visi UPT Cihurip yaitu mewujudkan masyarakat Cihurip yang berbudaya sehat mandiri,” katanya

Sementara, Ketua Tim Penilai Provinsi Jawa Barat Ernawati, S.Kep. Ners,MAP didampingi anggota Puranama Manulang, SKM, MPH, dan Dwi Susanti,SKM saat ditemui awak media mengatakan, penilaian FKTP ini akan berkompetisi dengan 2 perwakilan Kabupaten lainnya untuk kategori puskesmas terpencil.

“Kita memang ada kriterianya untuk mengajukan usulan FKTP untuk daerah terpencil pertarungannya ketat, masing-masing Puskesmas memiliki inovasi masing-masing,” ucapnya.

Lanjutnya, Faktor terpenting dari pelayanan kesehatan ini juga ditentukan oleh kondisi nyata di lapangan.

“Tentunya kami melihat langsung dilapangan puskesmas ini mampu memberikan pelayanan terbaik dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan yang selama ini ada dimasyarakat dengan cara membuat inovasi-inovasi yang ada signifikansinya terhadap derajat kesehatan masyarakat diwilayah perkotaan ini,” paparnya
Ditempat yang sama, Camat Cihurip memberikan apresiasi serta dukunganya.

“Tentunya kami sangat memberikan apresiasi dan dukungan dengan program dan inovasi UPT Puskesmas Cihurip dalam penilaian FKTP ini, dan berharap Puskesmas Cihurip ini bisa memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat. Sehingga, bisa melaju untuk mewakili Kabupaten Garut ke tingkat nasional,” pungkasnya.

Sebelumnya Tim Penilai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang tiba di halaman Puskesmas Cihurip di sambut dengan Tim Marawis di Poskestren Daru Huda Al.Hasanah.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Tim Penilai FKTP Provinsi Jawabarat, Forkopim Kecamatan Cihurip, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan Diskominfo, Perwakilan dari Dinas Kesehatan, Para Kepala Desa, Ketua Forum UPT Puskesmas Cihurip, serta tamu undangan lainnya. (**)

Editor: j Gunawan

BAGIKAN