Wakil Bupati Ikut Bersihkan Situ Sukarame

118

Wartawan: Jay AS

GARUT,(KF) – Tak banyak orang yang tahu tentang keberadaan Situ Sukarame di Kecamatan Leles Garut. Sebab selama ini masyarakat hanya mengenal Situ Cangkuang yang berada di kecamatan tersebut. Karenanya, Wakil Bupati, dr. Helmi Budiman bersemangat ketika mendapatkan undangan dari Kepala Desa Sukarame untuk meninjau acara pembersihan eceng gondok di situ yang konon sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit tersebut. Bahkan Helmi langsung terjun bersama masyarakat membersihkan tanaman air di situ yang memanjang sejauh 3 km itu.

Helmi mengatakan Situ Sukarame itu memiliki potensi wisata yang perlu dikembangkan. ” Situ ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga, karena kedalamnnya tidak terlalu dalam, dan situ ini memiliki 12 mata air. Sehingga saat musim kemaraupun airnya tetap terjaga, ” katanya, usai kerja bakti membersihkan eceng gondok Situ Sukarame, Sabtu (09/12).

Karenanya situ yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Situ Cangkuang itu akan dirancang menjadi destinasi wisata air, yakni wisata keluarga dan tempat latihan olahraga air.” Untuk rancangannya tidak terlalu sulit, paling kita siapkan dulu perahunya dan alat pembersih eceng gondoknya. Biarkan dulu dikelola masyarakat, ” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala desa Sukarame, H. Isep, mengatakan, sudah ada seja jaman Kerajaan Majapahit, namun belum dikenal luas, karena minim publikasi, dan belum ada penataan. Oleh karena itu, Isep berterima kasih atas kehadiran wakil Bupati yang merencanakan untuk menjadikan situ dikawasannya itu sebagai objek wisata.

Editor: J wan

BAGIKAN