Warga Berharap Jalan Samarang Perlu Adanya Perlebaran

199

GARUT, (KF). – Tidak sedikit simpul macet di jalan samarang, hal ini disebabkan akses jalan menuju jalur wisata Darajat itu kurang lebar. Sehingga tidak jarang ketika waktu produktif atau liburan, kemacetan tidak terhindarkan.

“Kalau pagi-pagi, sore atau hari liburan, jalan samarang selalu macet. Seperti di Pasar Samarang dan Hampor. Biasanya disebabkan naik-turun penumpang angkot, dan bus pariwisata, sehingga banyak halangan saat melintas di jalan,” ungkap Feri (26) salah seorang warga Desa Sukarakyat Kecamatan Samarang.

Lanjut Feri, pemerintah harus segera mengatasi dengan cara mengurai kemacetan seperti dengan melakukan pelebaran jalan di titik-titik yang memang kerap menjadi biang kemacetan.

Terpisah, Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Garut, Eded Komara, didampingi Kepala Bidang Bina Teknik, Jujun Juansyah, mengatakan, terkait penguraian kemacetan dengan pelebaran jalan sudah menjadi diantara rencana Pemda.

Namun, untuk saat ini upaya tersebut baru terealisasi di Jalan Samarang – Hampor (depan SMPN 1 Tarogong Kaler). Menurutnya memang sepanjang jalan Samarang dari Pertigaan Hampor (Depan Gerbang SMPN 1 Tarka) hingga Pasar Samarang idealnya dilakukan pelebaran, namun untuk saat ini masih terbentur anggaran.

“Mungkin untuk pelebaran jalan Samarang saya lihat di RPJMD masuk ke rencana menengah, paling saat ini di titik yang memungkinkan saja, diantaranya di Hampor. Kebetulan pihak sekolah juga terbuka sebagian lahannya digunakan untuk semacam pemberhentian angkot. Meski belum maksimal, tapi setidaknya bisa meminimalisir kemacetan disana,” ujar Jujun.

Jujun mengungkapkan, dengan anggaran Rp 200 juta, panjang pelebaran jalan di Hampor sekira 100 meter dengan lebar 3 meter. “Itu baru tahap pertama, karena sebrangnya juga itu harus ada pelebaran untuk arah Garut-Samarangnya, namun itu nanti tahap 2, tahun depan,” pungkasnya.

Sementara untuk pelebaran jalan di Pasar Samarang menurut Jujun harus ditunda tahun ini karena masalah anggaran. Sehingga rencana pelebaran jalan depan Pasar Samarang akan diintegrasikan dengan pembangunan pasar pada tahun depan.( J wan)

BAGIKAN