Warga Kampung Pasantren Garut Kota, Sulap DAS Irigasi Menjadi Tempat Budidaya Ikan

306
Ket Foto : Camat Garut Kota, Teten Sundara saat memberikan sambutan dilingkungan warga pasantren Sukada, pada pembukaan Pelaksanaan Gerakan Kebersihan lingkungan dan Tebar Ikan. (Foto oleh : Indra R)

Koran-Fakta.com (KF).- Puluhan warga di wilayah Kp. Sukadana Pasantren RW 19, 20 dan RW 21 Kelurahan Kota kulon, kecamatan Garut kota kabupaten Garut Jawabarat. Saat ini tengah semangat membersihkan saluran irigasi milik pemerintah.

Mereka sengaja melakukan itu untuk menyulap saluran air tersebut menjadi seperti halnya kolam ikan.

Pantauan Koran-fakta.com sejumlah masyarakat tampak mengais sampah serta membersihkan saluran yang ada di irigasi yang belum digunakan oleh warga. Tak hanya dibersihkan, mereka juga memasang pembatas dan penyaring agar sampah tidak masuk saat air mengalir.

Ajat Sudrajat salah seorang Ketua RW 21 yang akrab disapa Ajay saat ditemui menyampaikan,  irigasi yang sekarang sudah bersih dari sampah tersebut saat ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk budidaya berbagai macam ikan, mulai dari jenis Ikan Mas Sariban, Mujair, Lele, serta jenis ikan lainnya.

“ Tadinya ini kotor sekali dan penuh sampah. Sekarang kan jadi terlihat lega, bersih dan lebih bermanfaat,” ujarnya. Minggu (19 Juli 2020) siang, saat ditemui disela-sela kegiatan gerakan “Bersih lingkungan dan Tebar Benih Ikan”

Ia menambahkan, dalam penggunaan irigasi tersebut sebagai tempat budidaya ikan diklaim sudah mendapatkan izin dari pihak terkait. Sehingga pihaknya berharap tempat yang saat ini dimanfaatkan warga untuk budidaya bisa berkelanjutan.

“ Alhamdulillah dukungan dari pemerintah baik itu dari dinas PUPR, Disnakanla, serta Forkopim Kecamatan Garut kota dan kepala kelurahan kota kulon, sangat mendukung sekali dengan program yang digagas warga saat ini,” tuturnya

Lebih jauh disampaikan, untuk jarak lokasinya, ia menyebut sesuai keinginan warga yang akan mengurusnya.

“ Untuk saat ini, ada 20 kelompok. Masing-masing mereka mengurus lokasi yang dijadikan tempat untuk Budidaya,” tuturnya

Ditempat yang sama, Edi Guntoro Kepala Bidang IP yang didampingi H.Undang selaku Kepala UPT PUPR Kecamatan Garut kota merasa bersyukur melihat warga dilokasi tersebut bisa memanfaatkan irigasi tersebut untuk pembesaran ikan.

“Selain irigasi menjadi bersih, masyarakat juga bisa merasakan manfaat lebih dari irigasi, bukan hanya sebatas pemasok air di pesawahan saja,” ucapnya

Lanjutnya, irigasi yang saat ini dimanfaatkan warga untuk membudidayakan ikan, tentunya akan dijadikan percontohan untuk kedepannya.

“ kita lihat perkembangan terlebih dahulu, seumpamanya ini berhasil kita akan jadikan hal ini menjadi percontohan untuk wilayah irigasi yang lain,” Ungkapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, nampak Hadir, Camat Garut kota, Teten Sundara yang secara resmi membukakan pelaksanaan kegiatan “Grakan Bersih lingkungan dan Tebar Benih Ikan” di Wilayah Kp. Pasantren, Kelurahan Kota Kulon, Garut Kota.

Disampaikan Teten, pihaknya juga turut mengucapkan rasa terimakasih yang setinggi – tingginya terhadap warga masyarakat diwilayah tersebut, khususnya penggagas saluran irigasi yang saat ini ditata menjadi salah satu potensi.

“ Tentunya saya sangat mendukung program warga masyarakat disini, dan tentunya sayapun akan berkordinasi dengan dinas-dinas terkait mengenai hal ini agar bisa berkembang dengan baik sehingga diharapkan bisa menghasilkan nilai ekonomis bagi warga masyarakat diwilayah ini,” Pungkasnya. (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN