Warga Keluhkan Pelayanan Disdukcapil, Update Data 2 X 24 Jam Ternyata Hanya Isapan Jempol

84


Koran-Fakta.Com (KF).- Irsyad (51 tahun) warga kecamatan Tarogong Kidul mengeluhkan pelayanan disdukcapil, karena Nomer induk Kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK) nya belum juga online, padahal sebelumnya dia telah melakukan update data dengan mendatangi kantor disdukcapil secara langsung.


Irsyad dijanjikan akan bisa menggunakan NIK dan KK tersebut dalam waktu 2 kali 24 jam, namun sudah hampir seminggu NIK dan KK-nya tersebut belum online juga, sehingga dia tidak bisa melakukan pembuatan NPWP secara online.


“ Ketika saya hendak membuat NPWP, saya datang ke kantor pajak, namun oleh kantor pajak di sarankan untuk melakukan pendaftaran secara online, karena semuanya sekarang harus online, tidak bisa manual di kantor pajak. Saya pun langsung melakukan pendaftaran melalui online dengan membuat email dan password, sehingga saya dapat mengakses website pajak tersebut. Namun pada saat pendaftaran saya mengetik NIK dan KK, tertera disitu bahwa NIK dan KK saya ternyata tidak terdaftar,” ujar Irsyad.


Esok harinya, Selasa (08/09), Irsyad mendatangi kantor Disdukcapil untuk melakukan update data, oleh staf Disdukcapil, Irsyad dijanjikan bahwa update data akan selesai 2 x 24 jam. Namun setelah 2 x 24 jam, pendaftaran NPWP nya tidak berhasil juga, karena NIK dan KK nya tetap tidak terdaftar.


“ Untuk mencari kejelasan saya mencoba datang pada Jumat (11/09), ke bagian update data, setelah sebelumnya melakukan pengaduan di loket pengaduan, oleh staf data yang bertugas saat itu, dia bicara bahwa update data sudah laporkan kembali ke Kemendagri atau ke pusat langsung, namun untuk online-nya, petugas tersebut tidak tahu karena itu menjadi urusan Pusat,”  tutur Irsyad.


Irsyad pun heran kenapa petugas Disdukcapil berani menjanjikan kepada dirinya yang melakukan update data, bisa selesai 2 x 24 jam namun tidak ditepati, hingga saat ini dirinya tidak dapat melakukan pendaftaran NPWP Online karena KTP dan KK nya masih tidak terdaftar.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi dari dinas terkait. (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN