Warga Kelurahan Kota Kulon Lakukan Gotong Royong, Pembenahan Sungai Cimaragas

47
Ket foto: Warga masyarakat Dayeuhandap saat kerja bakti membersihkan aliran irigasi sungai cimaragas, Kecamatan Garut kota

Wartawan : Indra R

GARUT, (KF).-Budaya gotong royong warga masyarakat diperkotaan di era sekarang kirannya sudah mulai terkikis, bahkan terkesan sudah tidak nampak terlihat lagi.

Namun budaya gotong royong tersebut kini nampak terlihat kental diwilayah kp.Dayeuhandap, Kelurahan Kota kulon, Kecamatan Garut kota, Kabupaten Garut. Hal itu didasari kenyataan dan bukti rasa solidaritas hubungan sosial serta kerukunan di kampung tersebut saat melakukan kerja bhakti untuk melakukan pembenahan tanggul air irigasi sungai Cimaragas, serta membersihkan sampah dialiran sungai yang sering kali menjadi masalah diwilayah sungai Cimaragas tersebut.

Budaya gotong royong warga masyarakat dikelurahan kotakulon tersebut, dilakukan bersama-sama dengan melibatkan lebih dari Delapan Rukun warga (RW) dikelurahan kota kulon, bahkan berdasarkan pantauan dilokasi antusias warga masyarakat nampak terlihat dari perwakilan 8 RW yang ikut terlibat dalam gotong royong tersebut.

“Gotong royong ini merupakan tindakan nyata kita Rukun warga diwilayah kelurahan kota kulon, yang pada Minggu kemarin melakukan diskusi membahas permasalaha untuk bisa memecahkan solusi terbaik berkaitan dengan lingkungan, khususnya masalah sampah dibantaran sungai Cimaragas. Karena kalau berbicara masalah sungai cimaragas ini, tentunya menyangkut hajat orang banyak, khususnya warga masyarakat yang ada di wilayah aliran sungai ini.” ujar Sani, salah seorang Ketua RW 03 diwilayah Kp.Dayeuhandap kepada wartawan. Minggu(19/11/2017).

Sungai cimaragas, yang merupakan anak sungai Cipeujeh, tersebut bukan hanya mengaliri kelurahan kota kulon saja, akan tetapi aliran sungai cimaragas tersebut juga mengaliri beberapa Kelurahan yang mana diantaranya, kelurahan Regol, serta kelurahan Paminggir.

Ket foto: Camat Garut kota bersama kepala kelurahan dan warga masyarakat diwilayah kelurahan kota kulon

Lanjut dikatakan, terlaksananya gotong royong bersama ini mudah-mudahan dapat memotivasi warga masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan secara rutinitas juga melakukan pembersihan sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

“Nanti juga dengan sendirinya manfaatnya akan dirasakan oleh warga juga terutama warga yang berada diwilayah yang teraliri sungai Cimaragas ini,” Katanya.

Dalam kesempatan tersebut, nampak hadir, Camat Garut Kota, Drs.Bambang Hafidz, Kepala kelurahan kota kulon Iyed Suryadin S.ip, kepala UPT Perairan dinas PUPR, Serta dari Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Garut.

Editor: Van’s

BAGIKAN