Wow, Sehari 800 Mangkok Terjual, Lengko Ayam 99 Memang Bikin Ketagihan

150

Kota Tasikmalaya, (KF). – Anda penikmat kuliner Kota Tasikmalaya ? kalau iya, maka kalian harus coba makanan yang disajikan oleh warung Lengko kang Jajang dan Teh Mala,  atau yang lebih terkenal disebut “LENGKO 99”. bukannya tanpa alasan, pengunjung yang datang ke warung Lengko 99 ini memang didominasi oleh berbagai usia Tua maupun Muda.

Warung Lengko Ayam 99  yang terletak di Jl. Sutisna Senjaya No.140 Kota Tasikmalaya ini, memang sudah terkenal dengan varian rasa kuah Lengko dan lontong nya yang enak khas Tanjung  dengan harga cukup terjangkau. Satu porsi lengko berkisar mulai dari Rp.15 ribu hingga Rp.20 ribu.

Uniknya untuk membeli lengko 99, pengunjung harus antri dengan mengambil nomor urutan kupon, seperti layaknya kita sedang berkunjung ke tempat dokter.

“Kalau tidak pake kupon, khawatir pengunjung tidak nyaman saat berkunjung kemari, karena pembeli harus antre sebelum pesan ini untuk ketertiban dan kelancaran saja, agar semua bisa terlayani dan kebagian, “ ucap Jajang (48) pemliki Lengko 99 kepada koran-fakta.com yang terlihat sibuk melayani para pembeli bersama isterinya Mala (35), Senin (19/3/2018).

Menurut Jajang, dalam sehari tidak kurang 800 mangkok terjual, dengan menghabiskan sekitar 25 Kg Ayam dan 35 Kg beras. “Kalau hari hari libur seperti Sabtu Minggu,  biasanya beras bisa habis mencapai 60 Kg dan Ayam sekita 40 Kg. Ya 1000 mangkuk lebih jika hari libur habis sebelum jam 12 siang,” ujar bapak yang kini dikaruniai dua anak.

Lengko 99 yang satu ini sebelumnya hanya dijajakan di roda depan Bank Mandiri Sutsen. Namun karena tempatnya di atas trotoar dan pemilik kendaraan suka sulit memperkirakan kendaraannya, Lengko 99 akhirnya pindah lokasi ketempat yang baru sekarang.

“Awal berdagang Lengko Sejak tahun 1999, saat itu saya masih berjualan keliling menggunakan gerobak, makanya saya namakan Lengko Ayam 99,” kenang Jajang warga Singaparna yang kini sukses menjadi pengusaha Lengko di Kota Tasikmalaya.

LENGKO Ayam 99 diakuinya, banyak yang datang untuk menikmati lengko miliknya karena rasanya dirasa enak beda dengan Lengko Lengko yang ada serta harganya juga terjangkau. Ditempat barunya  ini memang selalu terlihat ramai dengan pembeli, padahal masih banyak juga masyarakat yang masih tertarik dengan makanan tradisional Indonesia ditengah banyaknya makanan instan yang muncul.

“Alhamdullilah masih banyak diminati oleh masyarakat. katanya enak dan murah, dan bikin ketagihan. apalagi makanan lengko saat ini terbilang jarang ada di Tasikmalaya,” ujar Teti Nurhayati (44) Ibu rumah tangga asal Cirahong Manonjaya yang selalu mampir ke Lengko 99 jika ada keperluan ke Kota Tasik.

Penulis : Edwin

Editor. : J Wan