Yayasan Alumni SPG Ar-Rahim Bakal Segera Bangun Dunia Pendidikan.

320

GARUT, (KF).- Berawal dari keprihatinan nya terhadap dunia pendidikan di zaman sekarang, khususnya pendidikan karakter dan akhlak, membuat para Alumni SPG Ar Rahim mendirikan dan membentuk kepengurusan Yayasan Alumni SPG Ar Rahim.

“Berdirinya yayasan ini adalah adanya arahan dari guru kami yang masih hidup, pada waktu pertemuan di Villa Pa. H. Raden Marlan. Beliau ( Drs.H. Mahdi Munawar) mengusulkan supaya di dirikan Yayasan untuk mewadahi aktivitas para alumni SPG ar-rahim khususnya di bidang pendidikan,” ucap Ketua umum Yayasan Alumni SPG Ar Rahim Garut, Dr. H Kustiana M.pd saat ditemui dalam pertemuan di kediaman H Raden Marlan Jl.Suci Garut, Minggu (27/01/2019) siang.

Lebih jauh menjelaskan, Supaya perjuangan yang telah dirintis beliau Pada waktu pendirian Yayasan Ar Rahim sekarang dilanjutkan kembali dan adanya kesinambungan antara program yang dulu waktu beliau masih muda dan sekarang.

“telah diterapkan pada kami para alumni, insyaallah kami akan bergerak di bidang Pendidikan, mulai Mendirikan Pendidikan: Pra Sekolah dalam bentuk PAUD, Sekolah Dasar (SD), SMP Plus dan SMK Mengadakan kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk mengadakan perkuliahan di Kabupaten Garut,” jelasnya.

Lanjutnya, para alumni SPG Ar Rahim itu sudah meluas dari angkatan 79 sampai 91 sudah banyak, dan alhamdulillah banyak yang menjadi penjabat baik di Garut sendiri maupun diluar Garut yang memegang peranan penting di bidang masing – masing.

Insyaallah setelah mereka, lanjutnya sekarang masa masa pensiun sudah tidak mengabdikan secara formal di pemerintah dilanjutkan di sini rencananya seperti itu dan Alhamdulillah SK Yayasan sudah kami terima berkat bantuan pak Haji Raden Marlan beliau yang mengurus segala sesuatunya karena kebetulan di sini, Istri beliau juga dari alumni SPG Ar Rahim angkatan tahun 85. Dalam waktu 2 bulan SK Yayasan sudah jadi terbentuk dan ini merupakan titik awal kami untuk mulai bergerak.

“Ini jadi amanah dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk kami semua, baik para perintis Yayasan Ar rahim yang dulu pak haji mahdi maupun sekarang. Jadinya Yayasan Alumni SPG Ar Rahim ini merupakan ide dari beliau (Pa H Mahdi-red) dan kami sebagai muridnya merespon baik usulan, harapan dari beliau dan kebetulan terjadinya yayasan ini dibantu oleh H Raden Marlan,” Pungkasnya.

Ditempat yang sama Penasihat Yayasan Alumni SPG Ar Rahim. Drs.H. Mahdi Munawar menyampaikan awalnya bahwa lulusan SPG ini banyak yang sudah purna bakti, mau pensiun dan mereka mempunyai bekal bekal pengalaman pendidikan yang lumayan.

“Walaupun sudah pensiun diharapkan mereka terus mengabdi terhadap masyarakat. Maka dari itu kami mengajukan gagasan untuk membentuk suatu Yayasan supaya langkah – langkahnya yang punya payung hukum yang jelas dan mereka ketika pensiun ada kegiatan, disamping adanya kesinambungan dari seorang guru agar melanjutkan perjuangan di bidang pendidikan ini dalam rangka mencerdaskan anak bangsa,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan saat ini baru terbentuk kepengurus, tinggal ada langkah-langkah berikutnya sosialisasi supaya merata informasinya.

“Mudah-mudahan bisa diakomodir dari potensi yang ada ini, menjadi satu kekuatan dalam rangka pengabdian terhadap masyarakat dan mungkin ada suatu program program yang bisa dilaksanakan sesuai Yayasan itu sendiri yaitu dibidang pendidikan,” ujarnya

Ia menambahkan, berharap bisa meningkatkan kesejahteraan terutama memperbaiki di bidang ahlak, karena masyarakat dalam dewasa ini saya rasa cukup rawan. Kami titipkan mulai dari pembentukan karakter harus bisa atau segera ditingkatkan karena kelemahan di zaman sekarang ini lebih pada kecerdasan community dalam pembentukan karakter.

“Banyak orang pinter tapi nggak bener, susah cari orang yang bener dan pinter, ada yang bener tapi tak pinter itu masalahnya. Diharapkan kami juga bisa menyumbangkan terhadap dari pendidikan ini, dengan ada suatu pola baru dan metode membangun mental bangasa,” paparnya.

Yayasan Alumni SPG Ar Rahim beralamat di Jl. Terusan Pembangunan Margamulya. Belakang SDN Pataruman Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Dengan Susunan : Pendiri Drs. Sutarjo M. Mpd, Penasihat. Drs.H. Mahdi Munawar, Ketum. Dr. H Kustiana M.pd dan Sekretaris Topan Saputra M. M.pd.

Laporan : J Gunawan

Editor . : Indra R

BAGIKAN