Yayasan Bina Bintang Bangsa, Gelar Training Of Trainer OSN MIPA Bagi Guru SD dan SMP Garut

82

GARUT, (KF).- Yayasan Bina Bintang Bangsa menggandeng Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Garut menggelar acara Training Of Trainer OSN IPA dan Matematika bagi Guru SD dan SMP Se Kabupaten Garut, bertempat di Gedung Pendopo Garut, Jalan Kiansantang, Minggu (30/9).

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Garut, H. Totong menyatakan menyambut baik kegiatan tersebut. ” Dinas Pendidikan sangat menyambut baik dengan kegiatan Training Of Trainer OSN IPA dan Matematika jenjang SD dan SMP. ini adalah sebuah upaya dalam rangka Bagaimana mendongkrak prestasi pendidikan di Garut untuk berbicara di Jawa Barat maupun nasional,” ucapnya pada awak media.

Lanjutnya, kalau melihat dari prestasi para siswa Kabupaten Garut sangat luar biasa, pada tahun kemarin ada perwakilan dari siswa SD yang mengikuti OSN tingkat nasional di Padang

“Dan tahun ini, siswa SMP di Kabupaten Garut meraih perak di OSN IPA tingkat nasional,” jelasnya.

Masih kata Totong, sekarang ini pun ada siswa asal Garut yang sedang mengikuti penggodokan di Bandung selama satu bulan.

“Mudah-mudahan ia bisa mewakili Indonesia ke tingkat internasional di Afrika. Ada sebanyak 10 peserta yang seperti saya sampaikan diantaranya ada dari Jakarta, Jawa Barat, Riau, Bali dan Kalimantan, ini adalah sebuah prestasi luar biasa buat kami. Tentu hal ini memerlukan pembinaan masif di setiap sekolah untuk bisa berprestasi, dan jenjang prestasi itu ada di OSN, O2SN, FLS2N ada UN dan sebagainya,” paparnya.

Ketua Yayasan Bina Bintang Bangsa, Rohani M.Pd

Sementara Ketua Yayasan Bina Bintang Bangsa, Rohani M.Pd, menjelaskan, dalam kegiatan ini para guru diberikan pelatihan tentang berbagai macam strategi menghadapi Olympiade IPA dan Matematika sehingga anak didiknya meraih prestasi yang diharapkan dalam event tersebut.

“Kegiatan ini dibimbing oleh para instruktur dan pelatih yang kompeten dari Provinsi Jawa Barat,” jelas Rohani di sela-sela kegiatan.

Ditambahkannya, dengan berbagai pelatihan yang dikuti para guru, diharapkan lebih banyak lagi putra-putri Garut yang berbicara dalam Olympiade MIPA.

“Training of trainer ini merupakan salah satu upaya untuk mensejajarkan putra putri daerah, khususnya Garut di bidang olympiade bergengsi. Keberhasilan tersebut selain berguna bagi siswa yang yang bersangkutan, juga bisa mengharumkan nama Kabupaten Garut baik di tingkat provinsi, nasional hingga ke internasional,” pungkasnya.

Laporan : J Gunawan

Editor. : Van’s