Yudha Puja Turnawan, Kampanyekan Pentingnya Gerakan Indonesia Bersih

57

GARUT, (KF).- Ratusan warga di kecamatan Karangpawitan peringati Hari Habitat Dunia (HDD) tahun 2018, Momentum tersebut dikemas dalam bentuk pungut sampah yang digelar di tiga Desa.

HHD tahun ini mengusung tema ” Municipal Solid Waste Management ” atau Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yang dilaksanakan pada tanggal 28 September – 3 Oktober 2018.

Bahkan bukan hanya warga masyarakat saja yang terlibat dalam momentum kerja bakti tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan turut andil sekaligus menjadi penggagas dalam pungut sampah bersama tersebut.

Poto bareng usai kegiatan Gerakan Indonesia Bersih peringati Hari Habitat Dunia Tahun 2018

Yudha sebagai Anggota DPRD Kab Garut, menyampaikan Kegiatan ini diharapkan bisa menggugah kepedulian semua pihak termasuk masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dilingkungan tempat tinggal atau tempat aktivitas warga.

“Ini sekaligus gerakan moral warga untuk menjaga kebersihan lingkungannya,” ujar Yudha Puja Turnawan, selaku Direktur Program Kampanye Bersama Koalisi Indonesia Kerja (KIK) saat ditemui di kampung Cibangban RR, Karangpawitan, Garut, Ahad, (30/9/2018).

Lanjutnya, kegiatan ini gerakan program ‘Indonesia Bersih’ yang digagas pemerintah mulai 28 September hingga 3 Oktober mendatang

” program nasional ini digagas Menteri Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ini, untuk memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. “Fokus kami hanya sampah plastik,” katanya

Ia menambahkan, peningkatan sampah plastik saat ini, sangat mengkhawatirkan, selain sulit dihancurkan, juga menjadi beban tersendiri dalam mengelola kebersihan. “Bayangkan sampah platik 500 tahun juga belum tentu hancur, mudah mudahan dengan adanya gerakan ini warga lebih peduli lagi akan pentingnya kebersihan lingkungan, ” ungkapnya.

Laporan : J Gunawan

Editor : Van’s

Poto istimewa