160 Kepala Keluarga Di Desa Sukasenang Nampak Sumbringah Saat Memperoleh BLT

288

Koran-Fakta, (KF).- Nampak Sumbringah wajah dari warga Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat setelah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa tahap 1, pada Kamis (14/05/2020) Siang.

Ada sebanyak 160 kepala keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan BLT. Penyaluran bantuan tersebut dilakukan langsung secara keliling ke tiap rumah penerima ” Door To Door” Pada kegiatan tersebut nampak sejumlah pejabat Forkopimcam hadir di lokasi untuk menyaksikan langsung pembagian BLT tersebut.

Menurut Camat Banyuresmi Drs. H. Nurrodhin, M.Si., menyampaikan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini mengacu pada Surat Edaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Disampaikannya, BLT ini berupa uang tunai dan masing masing penerima satu KK akan mendapat bantuan sebanyak Rp 600 ribu setiap bulannya selama tiga bulan.

“Proses untuk menuju kearah ini begitu panjang dari mulai pelasaksanan pendataan, dan dilaksanakan Musyawarah Desa, selanjutnya nama calon penerima BLT selanjutnya mendapat pengesahan dari camat dan Bupati. Penyerahan BLT ini dibagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerima nya,” Jelasnya

InsyaAllah hari ini, dimulai dari Desa Sukasenang, ada sebanyak 160 Keluarga penerima bantuan dan ini langsung diberikan oleh pihak pemerintah Desa secara door to door, dan tidak dilakukan di satu tempat.

“ InsyaAllah, kita semua transparan dan penyerahan nya lansung kepada warga masyarakat secara langsung,” Ujarnya

Dikatakan Nurrodhin, tak lupa kami ucapkan terimakasih pada pemerintah yang telah memberikan kewenangan kepada desa untuk menggunakan anggaran Dana Desa dalam membantu warga masyarakat akibat dampak wabah Covid -19.

Sementara itu ia mengakui, untuk Data KPM Kecamatan Banyuresmi ada sebanyak 2800 keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 15 Desa yang ada, dan kalau dirata-rata sebanyak 180 KPM, itu pun tergantung dari jumlah DD nya dan tergantung dari jumlah kuota yang ditetapkan.

“Kami mengambil kuota yang 25-30% dari dana desa,” tuturnya

Sementara, Kepala Desa Sukasenang Iwan Ridwan juga menyampaikan hal yang sama, bahwasanya Dana yang dibagikan pada masyarakat yang terkena dampak Covid-19, bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) yang akan digulirkan selama tiga bulan berturut-turut.

“Kita langsung secara door to door ke setiap penerima manfaat, dana BLT yang dibagikan pada setiap penerima besarannya adalah Rp 600.000/KK. Dan hal ini sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa,” ungkapnya

Pihaknya berharap, dengan digulirkannya Bantuan BLT ini dapat bermanfaat bagi keluarga penerima, yang memang kondisinya sangat membutuhkan.

“Alhamdulillah bantuan BLT yang saat ini tengah digulirkan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat diwilayah Desa Sukasenang,” pungkasnya. (Indra R)

Editor : J.Wan

BAGIKAN