Camat di Perbatasan Siap Dukung Masyarakat Produktif Aman Covid-19 dan Suksesnya Pilkada 2020

86

Koran-Fakta.com, JAKARTA – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menyelenggarakan pertemuan Koordinasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Kecamatan Perbatasan Tahun 2020 Regional I dengan tema ‘Mendukung Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, serta Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020’. Acara ini akan di buka di Hotel Aston, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada Kamis 24 September 2020.

Dalam konteks Pengelolaan Perbatasan Negara, Camat sebagai perangkat pemerintahan terdepan dalam sistem administrasi pemerintahan negara, juga merupakan representasi kehadiran pemerintah secara langsung di tengah masyarakat. Oleh sebab itu dipandang perlu untuk diberikan penguatan dan pengetahuan tentang kondisi terkini yang sedang dihadapi bangsa Indonesia terkait penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 serta kesiapan pemerintah daerah dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020 khususnya di kawasan perbatasan negara.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada Camat di kawasan perbatasan bahwa selain melaksanakan tugas penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, camat di kawasan perbatasan juga dapat membantu pemerintah pusat untuk melakukan pengawasan sesuai dengan penugasan di wilayah masing-masing,” ujar Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro di Kantor BNPP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020).

Suhajar menyampaikan materi yang diberikan kepada para camat adalah Penyelenggaraan Pemerintahan dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dalam hal ini akan disampaikan oleh Gugus Tugas Nasional Covid-19, Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri, dan Dirjen Polpum Kementerian Dalam Negeri.

Sementara untuk materi Peningkatan Integritas Masyarakat Perbatasan Melalui Penguatan Ideologi Pancasila dan Bantuan Sosial, akan disampaikan oleh Direktur Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kementerian Sosial.

Selain itu akan disampaikan Capaian dan Arah Kebijakan Pengelolaan dan Pembangunan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan, yang akan disampaikan oleh PLt. Sekretaris dan Para Deputi di Lingkungan BNPP.

“Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Pemerintah Daerah, khususnya Para Camat di Kawasan Perbatasan Negara dalam mendukung tugas-tugas pengelolaan perbatasan,” pungkasnya.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan dengan kombinasi model pertemuan yaitu secara klasikal (diikuti peserta terbatas) dan secara virtual (diikuti peserta yang lebih banyak) melalui zoom meeting dan akan disiarkan melalui akun youtube resmi BNPP https://m.youtube.com/channel/UCEk1l9VNd09WLOTIdhG9FXw.

Regional I terdiri dari wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Adapun peserta terdiri dari 108 Aparatur Kecamatan Lokpri; 26 Kepala Badan Pengelola Perbatasan atau Bagian Pemerintahan Kebupaten/Kota; dan 6 Kepala Badan Pengelola Perbatasan atau Kepala Biro Pemerintahan Provinsi, serta aparatur pada jajaran Pemda terkait dan K/L yang mengikuti secara virtual.(Me**) 

Sumber : Humas BNPP

Editor : J Wan