Dandim 0612/Tasikmalaya Pimpin Langsung Penanggulangan Bencana Longsor di Santanamekar

91

Koran-Fakta.com (Kab.Tasikmalaya)  Berdasarkan penunjukan langsung oleh Bupati Tasikmalaya Drs. H. Ade Sugiarto untuk penanggulangan bencana longsor dan pencarian korban bahwa kordinator lapangan langsung diserahkan kepada Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Imam Wicakssana untuk sebagai Insiden Commander (IC) Darurat dilapangan,  Jumat(28/2/2020) yang bertempat di lokasi bencana Desa Santanamekar Kec. Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam penanggulangan bencana longsor ini hari ke 2 Sabtu 29 Feb 2020 Dandim 0612/Tsm langsung peta kan personil yg terlibat langsung dalam penanggulangan bencana ini dalam keterangan yang disampaikan, Dandim 0612/Tsm menginstruksikan semua personil yang tergabung agar prioritaskan sektor diantaranya

“Apabila penanggulangan bencana dan pencarian korban dalam 3 hari belum selesai tuntas agar segara di gelar tenda posko tanggap darurat bencana, ” ucap Dandim.

Untuk saat ini sudah tergelar personil dalam penanggulangan sebanyak 300 Orang terdiri dari TNI, Polri, BPBD baik Kab Tsm dan BPBD Kota Tsm, Satgas Taganna, Ormas serta yang masyarakat wilayah setempat lokasi bencana. 

Menurut Dandim,  setelah dirinya melihat langsung dimana masyarakat sangat antusias sekali dalam membantu kita dilapangan.

Dandim menambahkan bahwa saat ini sudah diidorong ke lokasi alat berat seperti 1 beko, 1 Ran blangbir dan lain lainnya dimana ini digunakan untuk evakuasi material longsor dan membagi sektor penanggulangan prioritaskan tiga sektor diantaranya :

1. Mengevakuasi Material longsor dengan alat berat dan kendaraan Blangbir
2. Pencarian Korban longsor
3. Membuat jembatan darurat untuk akses jalan bagi masyarakat setempat
4. Pendorong Logistik

Diakhir paparannya,  Dandim menyampaikan bahwa apabila cuaca tidak mendukung atau hujan turun kembali agar dihentikan segala aktivitas dalam mengevakuasi material longsor maupun pencarian korban serta meminta bantuan dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten dan Kota Tasikmalaya dengan Doanya semoga agar musibah ini biar cepat selasai teratasi, pungkas Dandim. (tono efendi/pendim 0612 tsm)

BAGIKAN