Dengan Alat Sederhana, Ketua DPC PDI-Perjuangan Garut Ini Bantu Warga Bersihkan Sampah Di DAS Cimaragas Garut Kota

171
Ket Foto : Ketua DPC PDI-Perjuangan Garut, Saat membantu warga Kp. Dayeuhandap mengangkat limbah sampah rumah tangga dari sungai ke badan jalan dengan menggunakan alat sederhana. (Foto istimewa)

Koran-Fakta.com (KF).- Tumpukan sampah yang dibuang warga ke sungai sering kali menjadi persoalan, yang tentunya perlu disikapi dengan serius oleh pemerintah serta masyarakat itu sendiri.

Seperti halnya tumpukan sampah yang menyumbat aliran Drainase sungai Cimaragas, yang berada di samping badan jalan Papandayan, Kp.Dayeuhandap RW 04 Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut kota, kabupaten Garut Jawabarat. Yang tentunya sampah tersebut berfotensi akan menimbulkan penyakit serta banjir ketika musim penghujan.

Menyikapi hal itu, Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan, melakukan gerakan gotong royong dengan warga di Lingkungan RW 04 tersebut, dengan mengangkut sampah-sampah serta limbah rumah tangga dengan alat sederhana.

“ Jika saluran pembuangan air sudah dipenuhi sampah dan limbah, maka hal tersebut dapat berujung dengan penyebaran berbagai macam penyakit tentunya, makanya saya serta warga disini serta pa UPT PUPR Garut kota sengaja secara gotong royong membersihkan saluran drainase ini dari tumpukan sampah tadi,” katanya saat ditemui awak media. Minggu (30 Agustus 2020) Siang.

Lanjut disampaikan Yudha, lingkungan yang bersih memang sulit untuk diterapkan apabila tidak adanya rasa kesadaran dari setiap individunya. Karena budaya bersih dan sehat akan mendatangkan banyak keuntungan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Ket Foto : Yudha Puja Turnawan saat mengangkut sampah dari sungai Cimaragas Jln. Papandayan, dengan menggunakan Ket Foto : Yudha Puja Turnawan saat mengangkut sampah dari sungai Cimaragas Jln. Papandayan, dengan menggunakan alat seadanya. (Foto istimewa)

“ Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita semua termasuk membiasakan untuk hidup sehat yang dimulai dari kebersihan di sekitar kita tentunya,” jelas Yudha menutup pembicaraan. (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN