Desa Sukamulya Pangatikan, Masuk Kriteria Desa Sadar Hukum Tingkat Provinsi Jawa Barat

100
Ket foto : Saat kegiatan penilaian lomba desa /kelurahan sadar hukum tahun 2019.

GARUT, (KF). – Desa Sukamulya Kecamatan Pangatikan, dijadikan sempel oleh tim penilai Desa Sadar Hukum untuk mengikuti Desa Sadar Hukum ( Sadarkum) mewakili Kabupaten Garut tahun 2019 untuk tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Di Provinsi Jawa Barat sendiri desa yang sudah di verifikasi sebagai desa sadar hukum ada 130 desa, sementara untuk di Kabupaten Garut ada 12 desa yang di verifikasi sebagai desa sadar hukum tingkat Provinsi, salah satunya Desa Sukamulya Kecamatan Pangatikan ” kata Dewi Matiningsih, Kabad Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum pada Biro Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat, kepada wartawan, Rabu (16/7/19) Siang.

Ia menambahkan, untuk keteria penilai lomba sadar hukum sendiri ada 90 katagori, cuman yang paling dominan untuk penilaian desa sadar hukum, yakni, pencegahan pernikahan di usia dini, lingkungan hidup, angka kriminalitas, kekerasan dalam rumah tangga, dan kehidupan berdemokrasi.

” Untuk Desa Sukamulya sendiri cukup memenuhi, sehingga masuk verifikasi sebagai desa sadar hukum tingkat Jawa Barat ” ucapnya

Sementara secara terpisah Sekertaris Daerah ( Sekda) Kabupaten Garut, Deni Suherlan yang di dampingi Kabag Hukum, Kristanti Wahyuni mengatakan, dari surat keputusan Bupati Garut No 180/Kep.112 – Huk/2019 tentang penetapan sebagai desa binaan sadar hukum yang berada di Kabupaten Garut, telah ditetapkan ada 33 Desa yang di usulkan menjadi desa sadar hukum tahun 2019, dan dari 33 desa tersebut lanjut Deni, untuk desa binaan setelah hasil verifikasi hanya ada 12 desa yang memenuhi kriteria untuk di usulkan menjadi desa sadar hukum Pemprov Jabar.

“Jadi dari 33 Desa yang di putusakan menjadi desa binaan desa sadar hukum diverifikasi kembali, dan sekarang dari hasil verifikasi ada 12 desa yang memenuhi kreteria, dan salah satunya Desa Sukamulya Kecamatan Pangatikan,” ucapnya

Deni juga menambahkan, desa yang nantinya dinyatakan sebagai desa sadar hukum akan diberikan penghargaan oleh Gubernur Jawa Barat, dan Menteri Hukum dan HAM RI, yang akan diberikan serta di undang langsung ke Gedung Sate

” Kami mengapresiaasi pelaksanaan kegiatan Sadarkum ini, dengan harapan mampu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum,” harapnya. (Beni A)

Editor : Indra Ramdani

BAGIKAN