Indra Arica : Tidak Akan Ada Atlit Berprestasi Kalau Tidak Ada Campur Tangan Dari Seorang Pelatih

63
Ket Foto: Foto Bersama usai Pelatihan Peningkatan Mutu Tenaga Keolahragaan Tahun 2019 . (Foto istimewa)

Koran-Fakta.com, (KF).- Kasi Pembinaan Ketenagaan Olahraga Dispora Kab. Garut Indra Arica Rahman, SE, MM secara resmi menutup Pelatihan Peningkatan Mutu Tenaga Keolahragaan Kab. Garut Tahun 2019 Lisensi C Pelatih Cabang Olahraga Renang, Kamis (10/10/2019) di Aula Cahaya Villa’s Hotel Jl. Cipanas Baru, Kec. Tarogong Kidul, Garut Jawa Barat.

Indra menyampaikan bahwa 20 peserta pelatihan ini merupakan para pelatih perwakilan dari beberapa perkumpulan renang (club) yang ada di Kabupaten Garut. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 09 s.d. 10 Oktober 2019. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal ilmu dan legalitas kepada pelatih-pelatih cabang olahraga renang menjadi pelatih berkwalitas menuju olahraga yang profesional dan mumpuni.

Lebih jauh Indra menjelaskan, pelatihan ini telah mendapatkan rekomendasi khusus dari Pengprov PRSI Jawa Barat dan Pengcab PRSI Garut sebagai kegiatan resmi untuk memberikan lisensi C kepada 20 orang pelatih. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian/reward dari Pemda Garut bagi para pelatih cabor renang yang selama ini telah banyak berjasa memberikan kontribusi positif khususnya prestasi olahraga renang Kabupaten Garut.

“lisensi C ini adalah salah satu langkah awal legalitas seorang pelatih ketika mereka membimbing atlit renang. Mudah-mudahan kedepannya lisensi pelatih cabor renang ini dapat berlanjut menjadi lisensi B” ungkapnya

Indra pun menegaskan, untuk menuju prestasi itu harus ada sistem yang berjenjang (proses) seperti mengikuti pertandingan-pertandingan agar atlet semakin termotivasi dan bakatnya dapat terus diasah, program dan progress latihan yang teratur, saling mendukung antara atlit dan pelatih. Jadi sebetulnya buah dari keberhasilan itu adalah adanya proses.

“tidak akan ada atlit berprestasi kalau tidak ada campur tangan dari seorang pelatih. Prestasi itu bukan hanya ditentukan oleh lengkapnya sarana prasarana atau kepelatihannya saja, namun kedisiplinan, keseriusan dan semangat atlet dengan pelatih serta kejelasan program latihan yang dibuat oleh pelatih lah yang menjadi faktor paling penting,” pungkasnya. (J.Gunawan)

Editor : Indra R

BAGIKAN