Kasus Covid-19 Di Garut Terus Mengalami Peningkatan Mencapai 544 Kasus

229

Koran-Fakta.com, (KF).- Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut s.d Hari ini Sabtu 28 Maret 2020, s/d Pukul 16.00 WIB. Jumlah kasus dugaan Covid-19 setiap harinya mengalami peningkatan, dimana sampai hari ini ditemukan sebanyak 544 kasus, terdiri dari 14 kasus PDP dan 530 ODP. Sampai hari ini belum ditemukan kasus Covid-19 Positif. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky R Darajat dalam press release nya.

Seperti dilaporkan kemarin, bahwa di RSUD dr. Slamet Garut terdapat 6 kasus PDP baru dan 8 PDP lama sehingga totalnya 14 kasus PDP. Perlu dijelaskan, bahwasanya hari ini adanya perubahan status PDP sebanyak 3 orang menjadi ODP.

Dengan demikian PDP berkurang jumlahnya menjadi 12 kasus yang masih dirawat isolasi. Kendati demikian, pada hari ini RSUD dr. Slamet Garut menerima kasus PDP baru sebanyak 2 orang, yaitu keduanya Balita (Laki-laki umur 2 tahun dan, laki-laki umur 1,9 tahun).

Dikatakan Ricky, Sehingga total PDP yang sekarang masih sedang dalam pengawasan dan perawatan di ruang isolasi sebanyak 6 orang, terdiri 2 kasus PDP baru dan 4 kasus PDP lama (perempuan 55 tahun, laki-laki 58 tahun, laki 4 tahun, dan laki 57 tahun).

Pada hari ini pula, penemuan kasus ODP yaitu sebanyak 103 kasus, atau secara komulatif sampai hari ini ditemukan sebanyak 530 kasus, dimana 28 ODP sudah dinyatakan selesai masa pemantauannya, 56 proses perawatan di rumah sakit dan puskesmas, dan 446 ODP dalam pemantauan Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

Sementara itu disampaikan Ricky, Informasi terakhir, sebagai tindaklanjut intruksi Gubernur Jawa Barat dan Bupati Garut, kita sudah mendapatkan bahan reagen Rapid Diagnosis Test (RDT) sebanyak 231 buah yang peruntukannya diprioritaskan pada pasien ODP dan PDP.

” Mudah-mudah dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan secara masif di puskesmas sesuai kewilayahan dimana domisili ODP tersebut tinggal.

Akan tetapi jumlah RDT 231 buah ini tidak sebanding   dengan total ODP sampai hari ini yaitu sebanyak 530 orang, dan untuk kekurangannya kita masih menunggu pendistribusian lagi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, ” Tuturnya (**)

Sumber : Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut

Editor : J Gunawan

BAGIKAN